Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?


data-full-width-responsive="true">
Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?- Hai Sobat Shalaazz, Artikel kali ini akan membahas jurusan ips bisa masuk fakultas apa saja nih? Setelah artikel sebelumnya yang menjelaskan sarjana hukum dan informasi-informasi pendidikan lainnya. Simak di bawah ini ya!

1. Psikologi 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Yang menyukai pemahaman akan manusia terdapat dua ranah yakni: ranah IPA ialah Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Hasanuddin dan ranah IPS seperti Universitas Indonesia, Universitas Sumetera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Walaupun dibedakan ranahnya namun, Psikologi tetaplah Psikologi yang mempelajari kejiwaan manusia. Hanya saja yang membedakan ialah variasi mata kuliah dan penekanan dalam ranahnya serta yang sejarah sebelum didirikannya.

2. Hukum 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Bisa dikatakan adalah jurusan ips yang paling banyak dikenal orang. Sebagaimana yang kita ketahui hukum selalu menjadi polemik setiap kehidupan. Maka, dari itu materi-materi yang jurusan IPS ajarkan akan selalu berkaitan dengan hukum. Oleh karena itu, hukum cocok dimasukkan ke dalam jurusan IPS.

3. Sastra 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

bisa dikatakan pilihan yang begitu banyak dikenal. Mengapa tidak? Saking banyak pilihan sastra diantaranya berbanyak bahasa membuat sastra terkenal dengan karyanya. Tak dipungkiri juga kalau jurusan IPS paling cocok untuk orang-orang yang suka sastra dikarenakan kehidupan yang penuh kebebasan, penuh cerita bisa dijadikan sebuah karya. Namun, tak dipungkiri jurusan IPA bisa masuk ke fakultas ini. Hanya saja peluang-peluangnya begitu besar disini karena semua dilahirkan untuk menuliskan kisah hidupnya. Walaupun hanya sebagian besar memberikan kontribusinya.

4. Bisnis, manajemen, akuntansi 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Ini bisa dikatakan hal yang paling dicari masa kini dalam pekerjaan apapun itu. Karena, zaman kini sudah mulai dikatakan mindset Entrepreneur. Sudah banyak yang memulai berwirausaha hanya karena ingin ada kebebasan dalam meluangkan waktu tanpa perlu adanya ikatan secara full time. Jurusan IPS cocok untuk masuk fakultas ini dikarenakan banyak waktu luang yang didapatkannya serta dapat memanajemen dalam sumber daya manusia ataupun menghitung-hitung uang.

5. Ilmu sosial dan politik

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Inilah yang sering dibincangkan dalam kalangan negara dan selalu berurusan dengan materi jurusan IPS yang mengetahui hingga akar-akarnya ilmu sosial dan politik seperti apa? Kedekatannya dalam bersosiologi yakni menjadi penyambung antara pejabat, akademisi, politisi dan masyarakat.

6. Ilmu komunikasi 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Sebagaimana yang sering disyiarkan lewat media-media massa. Tak henti-hentinya orang ingin belajar menjadi reporter, menjadi public speaking yang baik, benar dan sistematis didapatkan dari pelatihan-pelatihan yang berjurusan IPS dikarenakan setiap materinya selalu berhubungan dengan wawancara kehidupan. Oleh karena itu, jurusan IPS bisa masuk fakultas ini dengan berbagai dinamika didalamnya.

7. Desain grafis, Desain Produk

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

Hal yang sering dicari dikarenakan sedikit sekali yang bisa mempelajari design. Walaupun di zaman millennial ini sudah dipermudah dengan berbagai aplikasi design agar tidak susah membuat design. Dikarenakan kesenganggannya dalam jurusan IPS tak dipungkiri jurusan IPS bisa masuk fakultas design ini yang menyukai tingkat kreatif yang tinggi.

8. Tata rias dan kecantikan 

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja?

(Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta) Hal ini bukan sembarangan merias melainkan harus sebanding dengan pengalaman dan keilmuan. Didalamnya sebelum belajar rias harus belajar anatomi dan fisiologi, beli alat-alat make up yang lumayan mahal harganya, mencari model praktikum, uji kompetensi SPA di dunia industri, dan membuat acara pagelaran

Mungkin, itulah beberapa fakultas yang bisa dimasuki oleh jurusan IPS. Semoga bermanfaat dan meneruskan pendidikannya hingga mencapai impian masa depan yang lebih baik di tahun 2020.
Default image
Nita Puji

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

error: Content is protected !!