Cara Membuat Judul Penelitian Ilmiah yang Menarik

Cara membuat judul penelitian
Sumber: Pixels

data-full-width-responsive="true">

Hallo sobat Shalaazz, bisa dipastikan kalian yang mengklik artikel ini sedang melakukan pencarian cara membuat judul penelitian yang baik dalam pembuatan essay, karya tulis ilmiah, skripsi, dan artikel-artikel ilmiah lainnya. Apabila benar, dalam ulasan singkat kali ini akan membahas bagaimana cara membuat judul penelitian baik itu kuantitatif atau kualitatif secara garis besar. Berikut ulasannya:  

Pilih topik yang menarik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring) topik merupakan hal yang menarik perhatian umum atau sesuatu yang diperbincangkan. Usahakan pilih topik yang menarik untuk diteliti, jangan meneliti hal yang sudah biasa. Namun terkadang dari hal biasa itu kita menemukan ide yang bisa menjadikannya luar biasa. Peka dan terbukalah dalam berpikir. Menentukan media yang dijadikan pijakan dalam pengembangan penelitian kita menghubungkan apa yang diteliti dengan bagian yang diteliti. Misalnya, pembangunan nasional, revolusi industri, dan lain-lain.

Membuat Judul Penelitian yang relevan

Usahakan membuat judul yang menarik. Namun tidak melanggar kaidah penulisan ilmiah. Pemilihan kata atau diksi yang tepat pada judul adalah salah satu trik membuat judul yang menarik. Menentukan tema judul. Misalnya, dalam bidang pertanian, teknologi, hukum, pertanian, dan lain-lain

Cari fenomena atau sesuatu yang baru

Yang perlu dipahami, unik dan menariknya topik kita dengan hal yang baru akan membuat penelitian kita lebih menarik untuk dikaji, karena mengulas hal-hal yang fresh. Ingat, peneliti harus sensitif dan responsif terhadap berbagai fenomena. Rumusannya, pertama menentukan objek yang akan diteliti. Misalnya, dalam tema teknologi kita memilih digital sebagai objek penelitian. Sebaiknya pilih objek yang disukai dan tentunya masih fresh, agar semangat dalam mengerjakannya. Kedua yang perlu diperhatikan yaitu menentukan apa yang akan diteliti dari objek yang dipilih. Misalnya, pengaruhnya, kualitasnya, manfaatnya, dan lain-lain. Dan yang ketiga atau yang terakhir yaitu mencari bagian mana dari objek yang akan diteliti. Misalnya, software, hardware, dan lain-lain.

Kemudian langkah selanjutnya sebagai opsi agar memudahkan dalam membuat judul, buat kalimat yang tepat dalam menggabungkan tema, objek, sesuatu yang diteliti, bagian yang diteliti dan medianya. Contoh cara menggabungkannya sehingga menjadi kalimat yang bagus:

Tema: Teknologi

Objek: Digital

Apa yang diteliti: Pengaruh

Bagian yang diteliti: Semua hal yang berkaitan dengan perangkat digital.

Media: Pembangunan Nasional

Sehingga penggabungan judulnya menjadi: “Pengaruh Perangkat Digital Terhadap Pembangunan Nasional”

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat judul penelitian ilmiah yang dapat diterapkan dalam membuat essay, karya tulis ilmiah, skripsi, dan lain sebagainya. Apabila sobat Shalaazz ingin menerbitkan penelitian pada penerbit yang terakreditasi dan terindex scopus baca artikel mengenai 4 tips publikasi artikel di jurnal ilmiah yang sudah terindex scopus. Selamat mencoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like