Wajah-Wajah Kemerdekaan Indonesia Essay

Source: A Liquid Future
Wajah-Wajah Kemerdekaan indonesia Essay

data-full-width-responsive="true">

Wajah-Wajah Kemerdekaan Indonesia Essay – Kemerdekaan adalah sebuah keadaan yang diimpikan oleh bangsa yang terjajah pada masanya. Kemerdekaan artinya bebas dan mampu berdiri sendiri sebagai suatu bangsa yang mandiri dalam konteks ia bukan suatu bangsa yang dikendalikan oleh bangsa lain atau organisasi lain . Dalam meraih suatu kemerdekaan, suatu bangsa dapat memperolehnya dengan usaha sendiri melalui penjuangan seperti penjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan di Indonesia.

Detik-detik kemerdekaan mengingatkan kita pada golongan pemuda yang mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Kemerdekaan suatu bangsa dapat diperoleh juga oleh pemberian suatu bangsa lain untuk mengembalikan atas hak dan kewajiban untuk mengurus tanah airnya sendiri

Wajah-wajah kemerdekaan dipandang berbeda oleh setiap orang .Meski demikian dalam memaknai wajah kemerdekaan tidak dapat dilengserkan dari fakta situasi tertentu. Misalnya keadaan suatu ekonomi yang masih rendah tingginya angka kemiskinan ,banyaknya investasi asing menyebabkan seseorang berpikiran bahwa bangsa kita belum merdeka. Faktanya pendidikan perlu ditingkatkan demi terbentuknya generasi yang lebih berkualitas di masa yang akan datang.Pendidikan juga menanamkan moral dan akhlak pada diri individu sehingga mereka tidak melengser dari norma dan nilai-nilai pancasila yang telah lahir sebagai ideologi yang dianut oleh Bangsa Indonesia pasca kemerdekaan.

Wajah kemerdekaan juga dapat dilihat dari kebebasan berpendapat dalam suatu negara,meskipun ada suatu bangsa yang membatasi kebebasan berpendapat warga negaranya karena mereka menganut paham atau ideologi tertentu namun tetap saja ada  makna kemerdekaan dalam konteks kemerdekaan negara ,bukan kemerdekaan warga negara atau bangsa itu sendiri. Di Indonesia kebebasan dalam menyatakan pendapat telah menjadi hak dan kewajiban bagi setiap individu, organisasi atau lembaga tertentu,selama tidak melanggar norma atau kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Baca juga: 17 Agustus Bangkitkan Semangat Anak Indonesia Essay

Pemilihan umum presiden dan wakil presiden,DPR,DPRD,bupati,wali kota sampai pemilihan RT/RT merupakan suatu pesta demokrasi yang diperlukan adanya antusias dan peran aktif setiap diri suatu warga negara atau masyarakat yang memenuhi persyaratan tertentu. Pesta demokrasi merupakan salah satu bentuk kemerdekaan setiap individu yang memenuhi syarat untuk memilih pemimpin sesuai sudut pandang ataupun hati nurani mereka dalam menentukan bagaimana arah bangsa pada masa paska pemilu tersebut.

Kemerdekaan dapat terlihat elok dan juga berkarisma jika adanya kesinambungan antara subjek maupun objek yang terlibat di dalam suatu bangsa. Subjek yang dimaksud disini adalah Pemerintah dan juga sistem birokrasinya,sedangkan objek yang dimaksud adalah warga negara. Dalam mewujudkannya perlu adanya kepatuhan terhadap hak dan kewajiban dari masing-masing subjek maupun objek. Sikap saling percaya dan konstribusi dalam penegakan hukum diperlukan oleh masing-masing sisi.

Baca juga: Ayo Indonesia Bangkit Essay Hari Kartini

Kemerdekaan memang berwajah bebas dan mandiri. Namun bebas dalam artian bukan bebas yang tak terbatas. Karena kebebasan yang demikian akan mengantarkan pada ketidakseimbangan antar elemen-elemen suatu bangsa sehingga dapat membawa kepada kehancuran secara bertahap. Hal ini tentu dapat merenggut situasi merdeka bangsa itu sendiri.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.