17 Agustus Bangkitkan Semangat Anak Indonesia Essay – Pada tanggal 17, bulan Agustus tepatnya hari Jumat adalah hari di mana Negara Indonesia merdeka. Bangsa ini Memproklamirkan  kepada seluruh penduduk dunia bahwa dia bebas dari penjajahan pada hari Jumat itu. Apakah kalian tahu kenapa kemerdekaan ini jatuh pada hari Jumat?, kenapa bukan hari Selasa atau hari yang lainnya?. Jawabnya adalah karena orang-orang yang Memproklamirkan bangsa ini tahu bahwa induk segala hari adalah hari Jumat.

Mereka para pejuang bangsa bukanlah hanya pejuang rasionalis tapi mereka adalah orang-orang yang religius, orang-orang yang agamis. Mereka ingin bahwa kemerdekaan itu ditolong oleh para malaikat yang mengaminkan satu titik di hari Jumat. “Maka selesai bendera itu dikibarkan, proklamasi dibacakan, presiden Ir. Soekarno mengangkat kedua tangannya, berdoa kepada Allah S.W.T,  di aminkan oleh siapa saja yang datang pada saat itu.

Semua adalah anugerah bukan?  Dan pada tanggal dan bulan itulah juga di mana masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaan bangsa ini di setiap tahunnya. Seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai Merauke memperingati hari jadi kemerdekaan Indonesia. Dari Seluruh kalangan dan berbagai Suku dan adat Istiadat yang berbeda Merayakan Hari itu. 

Berbagai lomba dan karnaval pun diadakan pada bulan itu. Sebagai bentuk apresiasi masyarakat Indonesia akan perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang melawan penjajah sampai mengusir dan memerdeka Kan  bangsa ini. Oleh karena itu di setiap daerah di Indonesia merayakan kemerdekaan  dengan berbagai lomba. Seperti lomba lari, lomba makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, sampai lomba gerak jalan dan juga ada lomba-lomba yang lainnya.

Baca juga: Ayo Indonesia Bangkit Essay Hari Kartini

Hal Positif dalam Merayakan Kemerdekaan

Lomba yang diadakan di Kota Tarakan  tercinta contohnya. Seperti lomba-lomba makan kerupuk, balap karung, lomba lari dan lain sebagainya yang diikuti  peserta anak SD sampai anak SMA masih tergolong hal positif dalam merayakan Hari Kemerdekaan 

Lalu, mengapa kita harus Ikut Itu semua dan merayakannya? Bukankah itu memakan banyak waktu?. Tentunya ini sangat positif untuk seluruh kalangan masyarakat  di Indonesia karena dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan agar menyadarkan bahwa semua perjuangan ini harus kita hargai dan kita jaga semua kekompakan dan rasa seperjuangan ini

Apakah jikalau tidak melakukannya kita tidak mendapatkan apa-apa?. Tentu saja pastinya disisi lain masyarakat merayakan kemerdekaan ini lalu kamu tidak. Bukankah itu semua ceria dan gembira?. Lantas apa salahnya mengikuti dan meramaikan ini semua. Bisa sebagai sarana hiburan juga dan sekaligus memberikan serta melatih kekompakan di lingkungan masyarakat.  

 Saya berharap Kota Tarakan  ini lebih baik. Dari segi apa pun, meskipun itu hanya lomba dan berniat menghibur masyarakat. Tapi, setidaknya kita menghibur masyarakat itu dengan hal-hal yang positif. Jangan yang Tawuran seperti itu, yang tidak berpendidikan dan tidak bermoral. Minimal hari itu kita peringati adalah bertujuan untuk mengenang para pejuang kita terdahulu. Bukan malah Tidak  jelas dan tidak karuan. Setuju???

Baca juga: Spirit Pemuda Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045

Mari kita pastikan 17 Agustus itu bukan hanya senang-senang dan hura-hura. Caranya dengan kita ikut lomba dengan baik, sopan dan yang pantas untuk hari kemerdekaan itu sendiri. Bangsa yang Hebat adalah bangsa yang mampu mengingat perjuangan dan  jasa para pahlawannya . Kita kenang jasa para pejuang terdahulu. Kita hormati perjuangan mereka yang dengan nyawa-nyawa mereka, bangsa ini dapat merdeka dan sejahtera Hidup Tarakan. MERDEKA.

Penulis: Andhika Januardyh

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay
Read More

Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay

Shalaazz.com – Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay – Merdeka atau mati!!! Kalimat tersebut adalah slogan andalan pejuang kemerdekaan Indonesia…