Pendidikan Proses Terbaik Menuju Kehidupan Cemerlang

Pendidikan Proses Terbaik Menuju Kehidupan Cemerlang

Pendidikan Proses Terbaik Menuju Kehidupan Cemerlang– Halo sobat Shalaazz, Menjadi seorang Mahasiswa/Mahasiswi merupakan dambaan bagi kebanyak orang terlebih karena tuntutan dari negara agar terciptanya generasi yang berpegetahuan dan berwawasan luas, maka pendidikan menjadi prioritas terpenting untuk mewujudkannya.   

Namun, tak banyak dari kalangan kita yang sadar dan memahami tentang arti penting dari pendidikan itu sendiri. Terkadang, kita sekolah atau kuliah hanya karena dorongan ingin menuntaskan pendidikan atau sebagai sarana untuk memenuhi persyaratan dalam pekerjaan kita, berupa IJAZAH, atau justru hanya sebagai wadah bagi kita untuk menunggu kapan jodoh akan datang.

Padahal sejatinya ruh dari pendidikan sendiri merupakan proses yang menghubungkan pemikiran, tindakan dan karakter kita agar kita bisa menyikapi setiap problema kehidupan dengan baik.   Nah, berbicara tentang Proses, tentu membutuhkan waktu yang cukup, bukan waktu yang lama atau bahkan instan.

Baca juga: Membangun Karakter dalam Pendidikan-Character Building

Proses akan menjadi baik saat kita menyikapinya dengan baik, proses akan menjadi lambat saat kita menyikapinya dengan lambat, dan proses akan menjadi cepat saat kita menyikapinya dengan terarah dan terstruktur, dalam hal ini bukanlah proses cepat dan instan, karena semuanya tergantung dari cara kita untuk menyikapinya, dan disinilah peran penting pendidikan itu masuk untuk mendewasakan manusia agar berproses menjadi insan berakhlak mulai sebagaimana yang telah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW dengan tauladan akhlak yang sangat mulia.

Intan, permata dan mutiara menjadi begitu indah karena menjalani sebuah proses, bagaimana proses itu akan berjalan dan mengalir, disitulah akan menemukan yang namanya hasil. Kupu-kupu bisa menjadi cantik dan indah dipandang juga karena proses yang panjang dan berliku, berawal dari sebuah ulat yang menjijikkan, kemudian berproses menjadi kepompong.

Baca juga: Pendidikan Karakter (Pembentukan Karakter Pada Anak Melalui Pendidikan Agama Islam)

Nah saat ulat tersebut berproses menjadi kepompong, ia harus tinggalkan semuanya, dia mengurung diri menahan untuk melihat keindahan dunia selama beberapa minggu hingga akhirnya ia bisa menjadi seekor kupu-kupu yang cantik dan indah mempesona, dan ketika menjadi kupu-kupu ia bisa terbang bebas dan melihat keindahan dunia. Itulah proses  

Sama halnya dengan pendidikan, mungkin saat ini kita merasa saat mencari ilmu/sekolah/kuliah sangat membosankan, kelelahan, malas dan sebagainya sebagai kendala kita untuk belajar, tapi ketika kita sudah bisa menikmati indahnya sebuah proses tersebut, kelak kita akan sangat merindukan masa-masa saat dimana kita kesulitan dalam mencari ilmu.

Untuk itulah sobat Shalaazz, tetap nikmati proses itu dengan pemikiran terbaik, dengan langkah terbaik, dengan tindakan terbaik, maka kelak Insya Allah sebuah proses yang kamu jalani akan menghasilkan buah terbaik, karena proses tidak pernah menghianati hasil. Wallahu a’lam bish-showab