Bikin Gap Year Jadi Asyik!

bikin-gap-year-jadi-asyik-1024x683
bikin-gap-year-jadi-asyik-1024×683

data-full-width-responsive="true">

Bikin Gap Year Jadi Asik Berhasil masuk PTN yang diinginkan tentu menjadi impian beberapa orang. Tapi apalah daya, terkadang kenyataan tak semanis yang dibayangkan. Dan tak jarang, ada beberapa orang memilih langkah Gap Year setelahnya. Gap year adalah jeda waktu yang ditentukan oleh seseorang untuk bersekolah lagi ke jenjang selanjutnya. Atau dengan kata lain sama seperti menunda kuliah.

Di Indonesia, saat ini istilah Gap Year sebenarnya kurang dikenal di kalangan lulusan SMA/SMK. Banyak yang menghindari gap year atau nunda kuliah karena takut dengan stigma yang banyak beredar di masyarakat. Seperti dianggap malas belajar, pengangguran, tidak punya tujuan hidup, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya gap year tidak seburuk itu, kan? Gap year bisa jadi keren, asik, dan bermanfaat kalau kita tahu caranya. Nah, caranya gimana, sih? Penasaran? Yuk, simak tulisan berikut ini!

1. Berpetualang

bikin gap year jadi asik
Foto oleh Tatiana Syrikova dari Pexels

Kamu suka jalan-jalan? Menjelajah alam, atau suka fotografi alam? Mumpung lagi gap year, berpetualang, yuk! Jalan-jalan hirup udara segar sambil motret. Asyik, bukan? J

2. Ikut Kegiatan Volunteer

bikin gap year jadi asik
Foto oleh Marta Ortigosa dari Pexels

Menjadi relawan tenaga pendidik misalnya. Atau, bisa juga menjadi relawan penolong korban bencana alam. Menjadi volunteer tentunya bisa mengasah rasa empati kita terhadap sesama. Meskipun tidak mendapat “untung” dalam bentuk materi, kita mendapatkan untung berupa terlatihnya kemampuan berkomunikasi dan banyak softskill lainnya.

3. Mengembangkan Hobi

Saat sekolah mungkin ada beberapa hobby kita yang terbengkalai karena kesibukan rutinitas kegiatan di sekolah. Nah, pas banget, nih. Mumpung lagi gap year waktunya kita manfatin buat ngembangin hobby kita. Siapa tau, kan? Dari hobby bisa jadi untung? 😀

4. Kerja Paruh Waktu (Freelancer)

bikin gap year jadi asik
Foto oleh Marta Ortigosa dari Pexels

Di internet banyak bertebaran lowongan-lowongan kerja paruh waktu (tidak full time). Dengan menjadi seorang freelancer tentunya kita mendapat banyak manfaat, seperti mendapat penghasilan sendiri dan melatih keterampilan kita dalam bekerja.

5. Bisnis Online

bikin gap year jadi asik
Foto oleh Marta Ortigosa dari Pexels

Punya keinginan untuk buka usaha? Kalau begitu coba dari sekarang, yuk. Kamu bisa jual apapun, tentunya dengan memperhatikan target pasar juga ya agar tepat sasaran. Pahami juga roda perputaran keuanganmu dengan baik supaya tidak merugi.

Gimana Shalaazzer? Asyik-asyik bukan kegiatan Bikin Gap Year Jadi Asik? Untuk terus tahu tentang update informasi seputar pendidikan, jangan lupa pantengin website Shalaazz, ya! Terima kasih telah membaca! 😀

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like