Bagaimana Peran Google vs Guru Di Industri 4.0?


data-full-width-responsive="true">
Bagaimana Peran Google vs Guru Di Industri 4.0?



Bagaimana Peran Google vs Guru Di Industri 4.0?– Hai Sobat Shalaazz! Di era yang semakin global ini, kemajuan teknologi dan informasi semakin canggih. 

Seiring dengan berkembangnya disiplin ilmu yang memadai, mampu mencetak generasi-generasi dengan SDM yang mumpuni. Sehingga bisa mencetuskan ide-ide dan inovasi-inovasi baru yang kreatif di bidang teknologi dan informasi.
Macam-macam aplikasi berbasis informasi yang ada dapat memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi terkait ilmu, isu, kejadian, fenomena dan lain sebagainya.
Sekarang, berbagai macam informasi bisa diakses dengan cepat dan jangkauannya pun luas. Memudahkan aktivitas manusia dan menunjang kinerja. Tak dapat dipungkiri bahwa meningkatnya aspek perekonomian, kebudayaan, pendidikan, olahraga dan lain sebagainya sangat didukung oleh percepatan teknologi dan informasi. 
Bisa membayangkan, jika teknologi dan informasi di negara kita belum secanggih saat ini. Mungkin kita akan jauh tertinggal dengan negara-negara lain. Di mana akan sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan.
Salah satu teknologi informasi yang canggih dan familiar yaitu Google. Atau biasa dijuluki dengan “Mbah Google” hehehe.
Siapa yang tidak mengenal aplikasi Google? Saya rasa, hampir semua mengetahuinya. Karena kita sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk mendapatkan informasi terkait mengerjakan tugas sekolah, kuliah, kantor, bisnis, dan lain-lain. 
Kemampuan Google sudah tidak diragukan lagi. Perannya sebagai gudang penyedia informasi yang lengkap dari A-Z. Dari mulai informasi tentang pendidikan, sosial, politik, budaya, olahraga, kesehatan dan lain sebagainya. Saya rasa, hampir semua ilmu bisa kita dapatkan dari Google.
Mengingat bahwa begitu lengkapnya informasi yang telah disediakan oleh Google, namun apakah Google dapat menggantikan peran seorang Guru? Menggantikan peran dalam mendidik dan mencerdaskan generasi. 
Jawabannya tentu tidak.
Sebab, Google dan Guru adalah dua hal yang berbeda. Begitu pula dengan perannya. Mungkin, memang keduanya adalah wadah penyedia ilmu. Tetapi, tidak bisa kita samakan.
Google memang menyediakan informasi yang super lengkap dari A-Z. Akan tetapi, bukan berarti dapat menggantikan peran seorang Guru. Sebab, peran seorang Guru tetap tidak akan pernah tergantikan.
Perannya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Guru tidak hanya memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu, namun juga mengajarkan akhlak dan budi pekerti.
Selain itu, Guru juga memberikan contoh yang nyata sebagai figur yang baik bagi anak didiknya. Sehingga, bisa kita tarik benang merahnya bahwa peran Guru tetaplah sebagai Guru yang mengajarkan, mendidik, dan mencerdaskan generasi. Sedangkan Google sebagai penunjang penyedia informasi. 
Default image
Nita Puji

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

error: Content is protected !!