Langkah-Langkah Membuat Proposal Penelitian Kualitatif


data-full-width-responsive="true">
Langkah-Langkah Membuat Proposal Penelitian Kualitatif

Bagaimana Cara Membuat Proposal Penelitian Kualitatif?

1. Penelitian dilakukan karena beragam motif. Ada orang yang melakukan penelitian karena tuntutan pendidikan, ada pula orang yang melakukan penelitian untuk menulis buku atau artikel untuk diterbitkan di jurnal, ada yang melakukan penelitian karena pesanan berbagai pihak.

2. Setiap penelitian yang dilakukan berdasarkan sebuah masalah penelitian yang perlu dilakukan penelitian untuk memecahkannya.
3. Masalah penelitian adalah hal yang perlu dicarikan jawabannya dengan melakukan penelitian. Hal yang menjadi masalah penelitian tidak hanya hal-hal yang negative atau hal-hal yang dipandang masalah oleh orang atau oleh pemerintah, melainkan juga hal-hal yang tidak dianggap masalah oleh orang atau pemerintahtetapi secara akademis hal-hal tersebut perlu diteliti.
4. Ada lima macam masalah penelitian:
  • a. Masalah penelitian berdassarkan teori.
  • b. Masalah penelitian berdasarkan persoalan metodologis .
  • c. Penelitian berdasarkan atas adanya realitas yang teka-teki.
  • d. Masalah penelitian berdasarkan atas adanya jurang antara das sein dengan das solen atau perbedaan antara yang seharusnya terjadi dengan yang terjadi atau perbedaan antara yang diharapkan dengan kenyataan.
  • e. Masalah penelitian solutif yaitu masalah penelitian yang berorientasi pemecahan masalah.

5. Proposal penelitian adalah acuan bagi peneliti dalam melaksanakan penelitian, acuan bagi orang lain untuk menyetujui sebuah usulan penelitian.
6. Penelitian yang baik berasal dari sebuah proposal penelitian yang baik dan jelas.
7. Proposal penelitian adalah usulan penelitian yang berisikan rancangan penelitian. Kualitas rancangan tersebut faktor penting bagi kualitas penelitian disamping faktor keterampilan peneliti dalam melakukan penelitian dan menulis hasil peneitiannya.
8. Proposal penelitian kualitatif suatu kontrak yang fleksibel.
9. Menulis sebuah proposal penelitian merupakan suatu kegiatan olah pikir yang menuntut kesabaran dan kreativitas.
10. Sebuah proposal penelitian paling kurang terdiri dari lima bagian yang saling berkaitan yaitu: latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, studi pustaka dana rancangan metode penelitian.
11. Perumusan masalah penting dalam sebuah proposal penelitian karena hal itu menentukan bagian yang lain.
12. Bagian latar belakang sebuah proposal penelitian berfungsi sebagai pelegitimasi atau pembenaran sebuah topik penelitian untuk diteliti.
13. Perumusan masalah dalam proposal penelitian kualitatif adalah ruang untuk memfokuskan penelitian, memberikan informasi kepada peneliti data apa yang harus dan yang tidak harus dikumpulkan.
14. Dalam proposal penelitian kualitatif, rumusan masalah penelitian dan pertanyaan penelitian sifatnya umum dan mungkin diubah ketika melakukan penelitian, tetapi sebaiknya skopnya sempit sehingga jelas hal apa yang hendak dicari.
15. Studi pustaka bagian dari sebuah proposal penelitian yang berisikan informasi-informasi yang diperoleh dari jurnal, buku dan kertas kerja (makalah seminar).
16. Ada variasi penulisan studi pustaka.
17. Dalam studi pustaka sebaikny dilakukan diskusi teoretis dari teori makro sampai teori mikro, teori khusus tentang hal yang akan diteliti.
18. Rancangan metode penelitian harus memuat teknik pengumpulan data dan analisis data yang operasional, dapat dilakukan oleh peneliti dan fleksibel.

Default image
Desy Salma Aeni

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

error: Content is protected !!