Indonesia Maju Tanah Air Bersahaja Essay-17 Agustus 1945 adalah hari dimana Negara Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Mereka para pejuang bangsa berhasil merebut kembali tanah air tercinta dan proklamasi dibacakan oleh presiden Ir. Soekarno. Pada tanggal dan bulan tersebutlah masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaan bangsa, dari sabang hingga merauke memperingati hari jadi kemerdekaan Indonesia. Merdeka berarti bebas, berdiri sendiri, lepas dari tuntutan, dan tidak terikat.

Berbagai lomba pun diadakan sebagai tanda atau bentuk apresiasi masyarakat terhadap jasa perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah. Semua merayakannya dengan penuh antusias dan semangat, dimana teman-teman dan tetangga saling berkumpul untuk melihat dan ikut serta dalam perlombaan. Tapi, bagaimana sikap para pemuda Indonesia merayakannya dengan membuat perubahan Indonesia maju?

Masih Banyak Kenakalan Remaja

Keadaan pemuda sekarang sangat memprihatikan. Meskipun sama-sama berjuang tapi dalam arti yang berbeda. Banyak sekali pemuda atau pelajar yang harus belajar dengan baik untuk mengemban ilmu tetapi mereka malah melakukan kegiatan yang merugikan seperti tawuran antar pelajar, malas-malasan belajar, terlambat masuk sekolah, bolos dan masih banyak lagi. Banyak yang dirugikan dari segi waktu, uang sekolah, ilmu, orang tua, guru, nama sekolah dan juga persepsi masyarakat terhadap diri mereka sendiri menjadi buruk.

Baca Juga: 17 Agustus Bangkitkan Semangat Anak Indonesia Essay

Andil Pemimpin atau Wakil-wakil Rakyat dan Seluruh Elemen Masyarakat

Selain pelajar banyak juga yang melakukan perjuangan untuk diri mereka sendiri, dari kalangan atas dan sebagainya. Seperti pemimpin atau wakil-wakil rakyat yang harusnya memberi contoh dan dukungan kepada seluruh masyarakat dalam bergotong-royong membangun dan memajukan Indonesia, bukan dengan memajukan diri dan keluarga sendiri.

Dimana pemimpin dan wakil-wakil rakyat serta seluruh elemen masyarakat memegang teguh bagimana isi dari kandungan nilai-nilai pancasila yang ditetapkan sebagai landasan Negara. Indonesia kaya akan budaya dan sumber daya alamnya, tapi bagaimana Indonesia dikelola saat ini sungguh memprihatinkan. Bukan tanah surga rakyat tapi tanah surga pejabat. Yang kita perlukan adalah SDM yang maju dari para pemuda Indonesia dan kejujuran serta rasa saling bertoleransi.

Baca Juga: Siapa Pemimpin Indonesia Di Masa Mendatang ?

Pasca era reformasi, Indonesia hancur, sengsara dan tenggelam dalam krisis. Identitas Indonesia sebagai Negara pejuang mulai hilang. Kini mulai sulit mencari generasi penerus. Cara satu-satunya adalah dengan membangkitkan semangat positif para pemuda Indonesia, membimbing dengan benar maka Indonesia akan maju dan pemuda Indonesia dapat menjadi pelopor penggerak bangsa Indonesia. Sebagaimana dalam kutipan Ir. Soekarno “ Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Kita berbangsa satu bangsa Indonesia, maka jangan ada lagi yang memandang perbedaan suku ras maupun agama, kita semua satu ber-Bhineka Tunggal Ika, seperti perkataan Soekarno “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Penulis : Leoni Wulandari – Mahasiswa jurusan Kefarmasian Universitas Tangerang Selatan

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay
Read More

Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay

Shalaazz.com – Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay – Merdeka atau mati!!! Kalimat tersebut adalah slogan andalan pejuang kemerdekaan Indonesia…