10 Tips Agar Betah Merantau Kuliah Tanpa Homesick


data-full-width-responsive="true">
10 Tips Agar Betah Merantau Kuliah Tanpa Homesick
Ilustrasi: Miami University



10 Tips Agar Betah Merantau Kuliah Tanpa Homesick– Halo sobat Shalaazz. Apa kabar ? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Ada yang sedang menjadi perantau ? 

Merantau itu banyak penyebabnya, bisa dijadikan karena bekerja atau elanjutkan pendidikan dan lainnya. Saya diberikan kesempatan menjadi perantau selama 8 tahun mulai dari SMA-Kuliah. Bersyukurlah yang pernah merasakan merantau karena itu adalah pengalaman terbaik dalam kehidupan. Merantau itu tidak berduka, meskipipun pertama kali kita akan merasa homesick (rindu rumah). Hal itu wajar, namun ada beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yuk disimak di bawah ini.

Tips Menjadi Perantau Bahagia

  1. Tentukan dan luruskan niat.
  2. Beradaptasi dengan lingkungan (mulai sedikit demi sedikit mempelajari budaya dan kebiasaannya). Tiru yg baik, buang yg buruk. 
  3. Sering berkomunikasi dengan keluarga di rumah.
  4. Sering mendoakan  keluarga.
  5. Biasakan punya seseorang yg dianggap keluarga sendiri di setiap kota rantau (misal waktu SMA Ibu asramaku, waktu kuliah ibu kosku dan ibu panti asuhan binaan komunitas).
  6. Mengabdi pada lingkungan sekitar, meski sedikit yg kau punya atau bisa. Berbagilah. Misal mengajar TPQ dekat kos dan lainnya.
  7. Berwirausaha, dimulai dari modal kecil aja dulu atau bahkan tanpa modal bantu usaha teman/orang-orang terdekat. Biar tidak  minta kiriman uang sama orang tua terus 
  8. Mencari tambahan biaya hidup dengan cara berkualitas, misal sering ikut lomba atau ikut acara yang ada door prizenya
  9. Buka puasa di masjid-masjid terdekat.
  10. Wisata alam di kota rantau. Jelajahi dan nikmati pesonanya 

Berikut 10 tips merantau bahagia tanpa homesick, banyak pelajaran hidup yang sobat Shalaazz dapat dari merantau. Ayo jangan takut merantau.

Batu memang keras. Namun, lambat laun menjadi lembut setelah dicoba untuk memecahkannya sebagaimana hati yang akan lunak ketika sudah tepat waktunya. Hanya proseslah yang membuat hati luluh itu tumbuh.#penamillennials #pendidikan #shalaazz

— Pena Millennials | Shalaazz (@penamillennials) December 10, 2019

Default image
shalaazz

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

error: Content is protected !!