Pendidikan Kebersihan Lingkungan: Bukti Peduli Indonesia

Pendidikan Kebersihan Lingkungan Bukti Peduli Indonesia
Pendidikan Kebersihan Lingkungan Bukti Peduli Indonesia

data-full-width-responsive="true">

Pendidikan Kebersihan Lingkungan : Bukti Peduli Indonesia –  Harus dimulai dari dalam rumah. Ilmu tentang kebersihan lingkungan merupakan hal yang wajib kita tularkan pada setiap orang disekitar kita. Berawal dari diri kita sendiri yang sadar akan lingkungan hidup. Kita harus sadar dan menyadarkan orang lain akan bahayanya tindakan kita yang semena-mena terhadap sampah. Hanya sebuah SAMPAH untuk kita bahas namun itu hal yang akan mengubah budaya jelek kita “membuang sampah sembarangan” akan hilang dengan sendirinya. Bagaimana jika kita terus menerus melihat pencemaran di mana-mana dari masa kecil hingga dewasa. Tidakkah hati nurani kita tergerak untuk mencegah atau mencari solusinya??? Maka dari itu perlu suatu frame work yang tepat dalam memutus rantai “budaya” membuang sampah sembarangan, yaitu salah satunya melalui pendidikan kebersihan lingkungan.

Sampah Plastik dan Problematikanya

Pembahasan kita bisa dikerucutkan pada sampah plastik. Sampah ini merupakan sampah yang bermanfaat saat masih dibutuhkan dan akan menjadi masalah besar ketika sudah di tempat pembuangan sampah. Sampah plastik merupakan salah satu sampah yang tidak bisa diuraikan bakteri sampai 1000 tahun yang akan datang. Hal tentu akan mengganggu keseimbangann ekosistem ketika jumlahnya sudah banyak.  Baca Juga

Sudah terlalu banyak orang yang membahas tentang sampah namun tidak ada hasil yang bisa didapatkan dari solusi itu. Banyak faktor penyebab tidak ada solusi yang nyata tersebut. Misalnya karena belum menjadi suatu kebiasaan, tidak adanya singkronisasi antara pemerintah dan masyarakat mengenai pengolahan sampah, tidak ada badan khusus pengolah sampah di Indonesia, kurangnya ketegasan untuk sanksi yang nyata, tidak ada sarana prasarana untuk pengolahan sampah yang memadai, belum banyak pemahaman di masyarakat tentang pengolahan sampah dan faktor yang lain. Salah satu cara yang bisa diterapkan setiap orang di seluruh Indonesia yaitu mengurangi penggunaan sampah plastik. 

Baca Juga:

Salah Satu Pendidikan Kebersihan Lingkungan Bermula Pada Diri Sendiri

Ketika kita membeli barang di suatu tempat usahakan untuk membawa tas kantong sendiri atau meminimalkan penggunaan plastik ketika barangnya sedikit. Kita kumpulkan sampah plastik yang masih bagus di rumah, lipatlah yang rapi dan bisa di pakai kembali. Hal ini tentu masih menjadi suatu permasalahan yang pro dan kontra. Kita bisa terapkan dalam rumah tangga masing-masing. Ide tanpa action yang nyata akan hanya akan menjadi mimpi belaka. Yukkk mari bersama-sama kita mengajak keluarga, orang sekitar dan lingkungan disekitar kita. Semangat untuk menjaga lingkungan yaaa teman-teman.. Baca juga media pembelajaran inovatif yang memanfaatkan limbah organik, klik di sini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like