Mahasiswa Kubis atau Kupat? Ayo Kamu yang Mana

Mahasiswa
Sumber: Pixels

data-full-width-responsive="true">

Jadi Mahasiswa Kubis alias Kuliah ambis atau Kupat alias Kuliah Rapat?—Akademik dan organisasi adalah dua hal yang sering kali dibandingkan oleh banyak orang. Dua kata ini akan kamu temui ketika kamu baru saja menginjakkan kaki di bangku perkuliahan. Lulus tepat waktu dengan IPK yang tinggi adalah impian banyak orang, begitu pula dengan relasi yang banyak dan pengalaman organisasi yang mumpuni pun tentunya didambakan oleh banyak mahasiswa atau pelajar. 

Seketika muncul pertanyaan-pertanyaan, apakah aku lebih baik fokus di akademik saja? Tetapi banyak organisasi mahasiswa yang menggiurkan jika tidak dicoba sama sekali, tapi bagaimana dengan nilaiku nanti jika aku ikut organisasi? 

Berikut beberapa tips dan trik agar kedua hal tersebut tetap bisa dilakukan dengan seimbang :

  1. Tulis Target

Langkah pertama tulis targetmu untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan. Pada langkah pertama ini jangan dulu batasi keinginanmu, biarkan itu mengalir sesuai dengan keinginanmu, baik dari sisi akademik, non akademik, atau pun hal-hal lain dalam kehidupan. 

  1. Pilih Dua Kegiatan 

Selama di Kampus mungkin ada banyak kegiatan yang ingin dilakukan, mulai dari memaksimalkan nilai akademik hingga memutuskan membuka suatu usaha atau bekerja paruh waktu. Pilihlah dua kegiatan yang sangat kamu butuhkan atau sangat kamu inginkan, berkomitmenlah dengan kegiatan yang sudah dipilih dan lakukanlah semaksimal mungkin, buat juga rencana-rencana lain. Kemudian pilihlah dua kegiatan agar fokusmu tidak terlalu terbagi, namun jika kamu bisa berkomitmen dengan hal lain maka lakukan saja, dan tetap ingat tujuan awal.

  1. Pilihlah Kegiatan yang Saling Berkaitan

Misalnya jika kamu merupakan seorang mahasiswa program studi manajemen cobalah membuat suatu usaha kecil dan juga mengikuti kegiatan koperasi mahasiswa. Hal ini akan membantu kamu berkembang di bidang akademik dan non akademik. 

  1. Pilihlah Kegiatan yang Merupakan Hobimu

Jika di lingkunganmu tidak ada dua hal yang saling berkaitan maka carilah kegiatan yang bisa meningkatkan mood-mu, karena dengan ini akan terjadi keseimbangan juga antara akademik dan organisasi. 

  1. Selalu Haus Ilmu 

Dengan rasa haus ilmu ini kamu akan mendapatkan hal-hal yang baik dalam kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan. Dengan ini pun kamu dapat melakukan kegiatanmu dengan sepenuhnya.

  1. Buat Jadwal Kegiatan

Dengan membuat jadwal kegiatan kamu akan menjadi seseorang yang lebih teratur, selain itu juga kamu dapat memenuhi berbagai tugas sesuai dengan waktunya, terlebih lagi jika kamu memiliki cukup banyak kegiatan. 

  1. Lakukan Me Time and Self Love

Dua hal ini adalah hal yang dapat membantumu untuk rehat sejenak dan akan bisa kembali lagi ke rutinitas dengan banyak hal baik, karena kamu telah merawat dirimu sendiri dan juga lebih siap menghadapi rutinitas.

  1. Pilih dan Pilah Target

Pilih dan pilah target sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan, apakah kegiatan tersebut menunjang atau tidak? Petimbangkan berbagai hal di poin ini, namun ingat jangan berlarut-larut meratapi targetmu, ingat ada kegiatan yang harus kamu lakukan dengan baik.

  1. Lakukan dengan Maksimal

Melakukan berbagai kegiatan dengan maksimal akan mengurangi penyesalanmu di masa lalu dan juga akan terus bertumbuh menjadi lebih baik. 

  1. Tetap Berdoa dan Berusaha

Jangan lupa berdoa kepada Tuhan juga senantiasa berusaha. Ingatlah jika kamu mendapatkan suatu ujian itu berarti kamu mampu mengahadapi ujian tersebut.

Sekian tips dan trik agar kegiatan akademik dan organisasi dapat berjalan dengan seimbang. Jangan lupa untuk berdoa dan terus berusaha. Jangan lupa juga untuk tetap semangat!

Terima kasih

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like