data-full-width-responsive="true">

Saat ini jurusan gizi seperti sedang naik daun lho sobat shalaazz, pasalnya jurusan gizi ini digadang – gadang sebagai jurusan dengan prospek kerja yang menggiurkan baik lulusan akademik maupun vokasi. Menjadi lulusan jurusan gizi gak terbatas hanya jadi ahli gizi rumah sakit atau tenaga gizi Puskesmas saja lho. Apa saja Prospek kerja jurusan gizi nanti setelah lulus ? Yuk simak !

1. Staf penjamin mutu di Industri Makanan dan Minuman

Prospek kerja jurusan gizi yang menggiurkan pertama adalah menjadi staf penjamin mutu di Industri makanan dan minuman. Kenapa ahli gizi bisa kerja disini ? Jawabnya karena kuliah jurusan gizi tidak hanya sekadar mempelajari zat gizi makanan, tapi juga akan mempelajari sampai ke ilmu keamanan makanan dan kualitas mutu makanan. Di sini kamu bisa berprofesi sebagai Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC). Salah satu industri makanan dan minuman bergengsi yang sudah memakai jasa ahli gizi di Indonesia adalah Aaerofood ACS.

2. Perencana menu dan gizi di berbagai perusahaan

Ada banyak perusahaan di Indonesia yang sudah menyadari penuh dengan kesehatan karyawannya bahkan sampai ke asupan gizinya lho. Salah satunya ada perusahaan tambang. Perusahaan tambang menjadi prospek kerja jurusan gizi yang menjanjikan tentunya karena perusahaan umumnya akan memberikan banyak asuransi dan gaji yang optimal. Yakin gak mau kuliah di jurusan gizi nih ?

3. Peneliti Gizi di berbagai lembaga penelitian gizi dan kesehatan

Saat ini ahli gizi selalu dilibatkan dalam upaya – upaya pemecahan masalah di Indonesia. Riset yang berkaitan dengan masalah gizi tentunya menjadi prospek kerja jurusan gizi yang tidak kalah menarik. Kamu bakal bergabung dengan senior yang profesional dan semakin ilmiah. Untuk jadi peneliti kamu wajib banget nih untuk lanjut lagi kuliah S2 dan S3 Gizi luar negeri atau dalam negeri

4. Konsultan Gizi di Pusat Kebugaran (Gym)

Pusat kebugaran di Indonesia juga sudah melirik ahli gizi untuk menjadi bagian dari mereka. Kuliah di jurusan gizi juga ada bidang gizi olahraga. So, buat kamu yang aktif di bidang olahraga, bisa nih menjadikan kesempatan ini sebagai prospek kerja jurusan gizi.

5. Menjadi Enumerator pada riset kesehatan

Pernah lihat hasil penelitian di skripsi, jurnal ataupun artikel yang menuliskan data riskesdas ? Nah itu salah satu hasil riset yang dilakukan oleh tim tenaga kesehatan, salah satunya tenaga gizi yang direkrut oleh Kementerian Kesehatan RI secara berkala.

6. Pengusaha di bidang makanan dan minuman

Kuliah di jurusan gizi juga mempelajari mata kuliah kewirausahaan lho, nah ini tentunya bakal menjadi bekal buat kamu yang suka bisnis di bidang makanan dan minuman. Kalau produk makanan dijual langsung oleh ahlinya duhh siapa yang bisa nolak sih, udah enak plus sehat pula.

7. Konten Creator Gizi

Era millenial dan New normal ini konten terkait kuliner sedang menjadi primadona. Banyak orang yang mencari tips memasak di sosial media. Kebayangkan kalau yang bikin konten adalah seorang ahli gizi. Kalau kamu mau menjadikan diri kamu bergerak di bidang ini, tentunya harus menjadi orang yang kreatif agar memberikan manfaat yang benar bagi masyarakat luas. Ini akan jadi prospek kerja jurusan gizi yang menjanjikan dimasa depan.

8. Pegawai Negeri Sipil

Kamu bermimpi menjadi tenaga pelayan kesehatan yang bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) ? Kuliah di jurusan gizi bisa mengantarkan kamu kesini. Cek saja saat pelaksanaan CPNS maka formasi ahli gizi dari D3 D4 dan S1 Gizi ada tersebar banyak di seluruh kecamatan di Indonesia. Wah prospek kerja jurusan gizi terbuka lebar untukmu.

9. Tenaga Kontrak Gizi

Malas terikat kerja selamanya ? Maka kamu bisa memilih menjadi tenaga pelayanan kesehatan gizi kontrak baik di rumah sakit maupun puskesmas. Pemerintah daerah sering sekali membuka lowongan gizi sesuai dana daerah.

10. Buka Praktek Layanan Gizi Mandiri

Masyarakat dari berbagai kalangan saat ini sudah sangat menyadari betapa pentingnya ahli gizi dalam menjalankan diet harian mereka. Atas alasan privasi biasanya seseorang membutuhkan ahli gizi yang bisa memberikan pelayanan ini. Praktek layanan gizi mandiri bisa dibuka tentunya setelah kamu menyelesaikan pendidikan profesi gizi (RD).

Nah sebenarnya masih banyak sekali prospek kerja jurusan gizi yang membuat kamu gak perlu khawatir bagaimana masa depanmu nanti. Karena yang tertulis di laman Shalaazz ini aja sudah 10, pasti masih banyak lagi profesi ahli gizi diluar sana. Udah yakin kan kuliah di jurusan gizi ?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like