10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dan Sangat Menjanjikan Bagi Masa Depan

Prospek Kerja
10 Prospek Kerja Akuntansi

data-full-width-responsive="true">

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dan Sangat Menjanjikan Bagi Masa Depan. Faktanya dari tahun ke tahun jurusan Akuntansi tidak pernah sepi peminat. Baik dalam SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur mandiri. Hal ini terjadi karena lowongan pekerjaan di jurusan akuntansi masih terbuka lebar dan gaji para lulusannya bisa di atas UMR.

Mungkin hal inilah yang menarik para siswa memilih jurusan akuntansi ketika kuliah. Apalagi setiap perusahaan tentu membutuhkan orang untuk mencatat pembukuan. 

Walaupun secara garis besar seorang lulusan akuntansi bisa bekerja di perusahaan mana saja. Selama pekerjaan itu masih berhubungan dengan pembuatan laporan ataupun pembukuan. Masa depan yang cemerlang akan selalu menjadi pertimbangan ketika lulus kuliah.

Agar tidak bingung ketika lulus kuliah nanti, beberapa Prospek kerja Jurusan Akuntansi berikut bisa menjadi referensi untuk mahasiswa akuntansi. Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Akuntan Publik

Profesi yang dapat bekerja secara individu atau dalam bekerja dalam perusahaan. Menawarkan sebuah jasa seperti audit umum laporan keuangan, pemeriksaan kelayakan operasai perusahaan, pelaporan konsekuensi pajak, dan konsultasi kebijakan pajak.

Apabila ingin membuka kantor jasa sendiri, seorang akuntan harus mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan terlebih dahulu. Dalam profesi ini pengalaman menjadi poin yang penting dalam sistem penggajian.

Ada beberapa ujian yang bisa diikuti jika ingin mendapatkan sertifikat akuntan publik. Gaji seorang akuntan publik yang bersertifikat CPA (Certified Public Accountant) bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2. Analisa Keuangan (Financial Analyst)

Profesi yang bertugas menyusun informasi keuangan untuk pengambilan keputusan bisnis. Seorang analisa keuangan biasanya harus mengantongi gelar CFA (Certified Financial Analyst). D ari CFA Institut setelah berhsil lulus mengikuti ujian yang diadakannya.

Tugas analisa keuangan terdiri dari penelitian dan analisa laporan keuangan terkait data atau informasi yang disampaikan kepada manajer. Bertugas mengatur dan mengontrol perputaran keuangan dalam setiap unit perusahaan agar tidak melebih setiap anggaran yang di targetkan. Mempersiapkan laporan keuangan verbal secara berkala yang akan disampakaikan kepada manajer. Laporan ini nantinya akan dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Baca Juga: Jurusan IPS bisa Masuk Fakultas Apa Saja

Pemahaman proses pembuatan laporan keuangan, mengalisa laporan keuangan, dan menyusun strategi keuangan merupakan kemampuan penting bagi seorang analisa keuangan. Untuk gaji, berada pada kisaran 3-10 juta per bulan untuk fresh graduate.

3. Konsultan Pajak

Tugas seorang konsultan pajak singkatnya adalah membantu memberikan konsultasi bagi wajib pajak. Tidak semua orang yang mempunyai perusahaan atau seorang pengusaha memiliki pemahaman yang cukup mengenai wajib pajak. Karena hal inilah profesi ini masih sangat dibutuhkan di masyarakat, khususnya kalangan pengusaha.

Tidak hanya menangani konsultasi saja, seorang konsultasi pajak juga memberikan jasa pengurusan wajib pajak. Diantaranya penyelasaian sengketa pajak, pemeriksaan laporan yang telah dibuat suatu perusahaan, dan restitusi.

Untuk gaji seorang konsultan pajak sangat bervariatif, tergantung jenis jasa yang di inginkan konsumen serta bekerja untuk perusahaan atau individu.

4. Auditor Internal

Auditor internal bertugas memeriksa atau mengaudit laporan keuangan internal suatu perusahaan. Seorang auditor berhak memberikan masukan dan saran yang mendukung bagi kemajuan pihak manajemen perusahaan.

Selain itu seorang auditor harus bisa memastikan jika tidak ada penyimpangan dalam laporan keuangan tersebut. Gaji yang diterima seorang auditor internal pada kisaran 5-10 juta tergantung tingkatan posisi dan perusahaan.

5. Tenaga Pendidik

Jika senang berinteraksi dan berbagi ilmu kepada orang lain profesi sebagai tenaga pendidik cocok untuk kamu yang senang hal tersebut. Meski memang gaji yang didapat tidak sebesar profesi lain di perusahaan swasta atau BUMN. Seseorang yang bekerja dalam bidang ini bisa mendapatkan pahala karena berbagi ilmu kepada orang lain.

Selain menjadi dosen atau guru, tenaga pendidik juga bisa menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar. Bisa juga bekerja di lembaga riset yang menangani isu akuntansi di kalangan masyarakat.

6. Perencana Keuangan

Untuk kamu yang senang menyusun perencanaan keuangan, profesi ini salah satu prospek kerja lulusan akuntansi cocok dijadikan salah satu referensi ketika lulus nanti. Tugas seorang perencana keuangan adalah membantu mereka yang memerlukan saran seputar pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Sebenarnya D1, D2, D3 dan D4

Jika serius ingin mendalami bidang ini bisa mengikuti ujian serifikasi perencanaan keuangan untuk peningkatan karir ke depannya. Gaji yang didapatkan dari jasa ini kisaran 5 sampai dengan 60 juta per tahun. 

7. Bekerja di OJK atau BI

Bukan tidak mungkin jika setelah lulus nanti kita menginginkan pekerjaan yang mendapatkan income yang besar. Perusahaan besar sekelas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia (BI) bisa menjadi salah satu target kalian setelah lulus.

Meski jenjang karir memang menjanjikan. Akan tetapi untuk masuk ke dua perusahaan besar tersebut tidak mudah. Ada beragam seleksi yang harus diikuti sebelum menjadi pegawai.  Untuk gaji memang tidak diragukan lagi, untuk seorang staff saja bisa di gaji Rp 16 juta per bulan.

8. Accounts Payable

Jika kalian senang berurusan dengan utang piutang, kalian bisa mencari tahu lebih dalam tentang profesi ini. Profesi yang bertugas mengumpulkan informasi transaksi pembelian ini bisa digaji sebesar Rp 5 juta perbulan ini.

9. Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Menjadi Credit Analyst

Kalian bercita-cita bisa bekerja di bank? Kalian bisa memilih profesi ini sebagai pekerjaan setelah lulus. Profesi yang bertugas menganalisa calon nasabah ini biasa mendapatkan upah sebesar Rp 5 juta sampai Rp 15 juta per bulan.

Namun, tugasnya bukan hanya sekadar menganalisa nasabah yang akan mengajukan pinjaman. Profesi ini juga biasanya menilai, mengevaluasi dan mengusulkan nominal pinjaman yang dapat dibaerikan bank kepada calon kreditur.

10. Menjadi PNS atau Bekerja di Instansi Pemerintahan

Setiap instansi pemerintahan membutuhkan pekerjaan seorang akuntan untuk menangani pengelolaan keuangan. Untuk itu peluang kerja di Instansi pemerintahan juga terbuka lebar untuk lulusan akuntansi.

Gaji pokok yang di dapat bisa sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta. Itu pun belum termasuk tunjangan. Hanya saja untuk masuk ke dalam instansi ini kalian harus mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terlebih dahulu. Kabar baiknya tes ini dibuka setiap tahunnya oleh pemerintahan. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like