Indahnya Momen Perayaan Kemerdekaan Essay – Bung Karno telah menyatakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang berarti negara Indonesia telah bebas dari pejajahan. Itu semua dicapai dengan penuh perjuangan bahkan sampai menumpahkan darah. Banyak pahlawan gugur di medan perang dalam melawan penjajah. Tentunya sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghargai jasa para pahlawan terdahulu dengan melanjutkan perjuangannya dan mempertahankan kemerdekaannya.

Momen Agustusan

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat seluruh Indonesia atau kita lebih sering mendengar istilah Agustusan. Agustusan merupakan istilah yang biasa kita temukan dimasyarakat yang berarti menunjukan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Masyarakat Indonesia mempunyai sesuatu kebiasaan yang unik yang dari dulu sampai sekarang masih ada. Dimulai dengan memasang umbul-umbul maupun bendera merah putih di depan rumah yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai perlombaan.

Lomba makan kerupuk merupakan salah satu perlombaan yang cukup dikenal pada masyarakat Indonesia. Setiap agustusan pasti kita menemukan perlombaan tersebut. Perlu diketahui dalam lomba tersebut yaitu kita berjuang untuk menghabiskan kerupuk dengan berbagai rintangan yang telah ada. Hal ini mencirikan jiwa patriotisme bahwa setiap segala sesuatu yang akan kita capai pasti ada rintangan tentunya kalau kita melihat ke belakang bahwa banyak rintangan yang dihadapi para pahlawan sebelum mencapai kemerdekaan.

Baca juga: Pro-Kontra Kemerdekaan Metropolitan Essay

Selain itu, dalam agustusan ada perlombaan panjat pinang. Kebanyakan diikuti oleh laki-laki yang sudah dewasa namun anak-anak juga ada bahkan ibu-ibu pun juga ada. Panjat pinang merupakan salah satu perlombaan beregu untuk memanjat sebuah pohon yang diatasnya sudah terdapat berbagai hadiah namun rintangannya sangat berat yaitu pohonnya cukup tinggi dan diberi pelumas/oli. Perlu kekompakan, tenaga yang kuat hingga harus siap karena akan kotor-kotoran dengan oli yang menempel di badan.

Lomba Sebagai Upaya Perenungan Perjuangan

Hal ini menunjukan bahwa lomba tersebut merupakan upaya perenungan pada kita semua bahwa kemerdekaan tidak dicapai dengan mudah. Perlu kekuatan, kerjasama bahkan hingga menumpahkan darah. Kemerdekaan memang dicapai tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun sebagai generasi penerus bangsa wajib melajutkan jejak para pahlawan.

Hal yang cukup menarik dalam perayaan agustusan yaitu pertunjukan teater biasanya pertunjukan tersebut diadakan pada acara puncak atau resepsi. Ini merupakan pertunjukan yang penuh makna. Misalnya teatrikal tentang Perang Puputan yang dipimpin oleh Ketut Gusti Jelantik di Bali yang memiliki pelajaran-pelajaran berharga untuk kita semua. Tentunya dapat menggugah semangat juang kaum muda saat ini. Dalam perang puputan yang berarti habis-habisan merupakan upaya mempertahankan tanah air tanpa memikirkan apapun. Ini merupakan cerminan bahwa nenek moyang kita telah berjuang dengan penuh tekad.

Baca juga: Merdeka? Esai Hari Kemerdekaan Indonesia

Dengan diadakan berbagai kegiatan diacara agustusan tersebut kita dapat memetik sebuah pelajaran bahwa kita sebagai generasi muda harus bisa mengisi kemerdekaan tersebut. Agustusan memang selalu disambut dengan meriah oleh masyarakat. Namun pada dasarnya kita juga diwajibkan untuk merenung dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Akan lebih baiknya setiap lomba yang diadakan dalam agustusan memiliki nilai yang menunjukan jiwa patriotisme tentunya lomba yang diadakan bukan sembarang perlombaan. Namun memiliki nilai-nilai yang bagus dan bermakna sesuai apa yang kita peringati yaitu kemerdekaan.

Penulis: ILAH ROHILAH – Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Salatiga

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay
Read More

Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay

Shalaazz.com – Mengisi Kemerdekaan Indonesia Essay – Merdeka atau mati!!! Kalimat tersebut adalah slogan andalan pejuang kemerdekaan Indonesia…