Simak 21 Peluang Karir Sarjana Hukum Inilah Penjelasannya

Simak 21 Peluang Karir Sarjana Hukum Inilah PenjelasannyaHalo, Sobat Shalaazz! Mau tahu S1 Hukum bisa jadi apa? Mau tahu ada berapa peluangnya S1 Hukum selain Jaksa, Pengacara, Notaris, dan Hakim? Simak penjelasannya ada di bawah ini ya!

Banyak orang yang mengira S1 Hukum hanya berada pada ranah pengadilan saja. Dalam hal ini, kebanyakan orang-orang salah mengira Sarjana Hukum hanya untuk Jaksa, Pengacara, Notaris, dan Hakim. Padahal, peluang karir S1 Hukum sangatlah banyak. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai 21 peluang karir S1 Hukum bisa jadi apa saja. Agar orang-orang yang mengetahui S1 Hukum dapat berpikiran lebih luas sebagaimana luasnya ilmu pendidikan di lautan.

Peluang Karir Sarjana Hukum

Peluang pertama S1 Hukum ialah Staff Legal. Dalam hal ini, teman-teman akan dibawa untuk mengamati suatu masalah dengan pandangan Hukum. Biasanya, terdapat di Perusahaan-Perusahaan yang akan menaruh perhatian terhadap Staff Legal baik terhadap pendirian, perpajakan, penyusunan kontrak, dan hal lainnya yang berkaitan dengan Ilmu Hukum.

Peluang kedua S1 Hukum ialah Staff HRD. Dalam hal ini, teman-teman akan dibawa untuk menganalisa banyak orang, mengatur orang, merekrut orang, dan hal lainnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam perusahaan. Seringkali, Sarjana Hukum ditempatkan dalam menganalisa Hukum Ketenagakerjaan bagi perusahaan.

Peluang ketiga S1 Hukum ialah menjadi diplomat. Dalam hal ini, teman-teman dapat bernegosiasi dengan negara lain dan menggunakan pemikiran Hukum teman-teman yang telah dipelajari dalam Hukum internasional. Sebagaimana, menggunakan ketentuan hukum laut 1982, ketentuan Hukum perjanjian, ketentuan united nations, maupun ketentuan lainnya dengan menggunakan pertimbangan advisory opinion dari persidangan sekalipun.

Peluang keempat S1 Hukum hingga peluang ke dua puluh satu ialah sebagai Juru Sita yang teman-teman Sarjana Hukum mengikuti semua perintah oleh Ketua pengadilan yang menyangkut proses berjalannya persidangan dari awal hingga akhir, Policy atau Legal Advisor yang dimana teman-teman Sarjana Hukum akan mengurusi semua perizinan yang menyangkut perusahaan, Paralegal yang dimana teman-teman Sarjana Hukum akan memberikan bantuan hukum terhadap persidangan bagi orang-orang yang tidak mampu.

Polisi yang dimana teman-teman Sarjana Hukum mengurusi semua hal yag berkaitan dengan ketertiban umum. Biasanya, berupa pelanggaran ringan yang dilakukan oleh warga sipil, Mediator yang biasanya menengahi diantara perselisihan yang sifatnya netral dan tidak memberikan keputusan kepada kedua belah pihak,

Akademisi yang dimana teman-teman berfokus pada layanan dunia pendidikan, Jurnalis yang dimana teman-teman memberikan berita kepada publik hasil atas wawancara dengan narasumber terkait, Politisi yang dimana teman-teman menyalurkan informasi antar pemerintah dengan masyarakat yang sesuai dengan fakta dan bukanlah hoax,

Menteri yang dimana teman-teman membantu presiden dalam mengurus suatu pemerintahan yang berlangsung, Penyidik yang dimana teman-teman dapat menyidik suatu kasus dengan petunjuk yang telah ada, Data Protection Officer yang dimana teman-teman mengawasi kebutuhan dari setiap perusahaan agar patuh terhadap undang-undang perlindungan data pribadi, Dosen yang dimana teman-teman dapat berbagi ilmu dengan proses pembelajaran yang telah teman-teman alami hingga Arbitrator yang dimana keputusannya merupakan hal yang terikat dan tetap bagi kedua belah pihak.

Dengan adanya peluang tersebut, jelaslah teman-teman dapat berpandangan luas akan Sarjana Hukum dan tidak harus berada di ranah pengadilan saja melainkan mengurusi kepentingan lainnya juga merupakan bagi dari Ilmu Hukum.

Nah, mungkin cukup sekian untuk artikel hari ini. Semoga membantu dan bermanfaat bagi sobat semuanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *