Pendidikan dan Kesehatan : Menumbuhkan Kebiasaan Hidup Sehat dari Sekolah

Pendidikan dan Kesehatan Menumbuhkan Kebiasaan Hidup Sehat dari Sekolah

Pendidikan dan Kesehatan : Menumbuhkan Kebiasaan Hidup Sehat dari Sekolah – Halo Sobat Shalaazz, Sering kali kita membicarakan tentang hidup sehat. By the way, apa sih sehat itu? Yuk, kita kenalan dulu dengan apa itu arti sehat. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sehat adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit).

Sedangkan sehat menurut WHO (World Health Organization) adalah, “health is a state of complete physical, mental, and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity” yaitu keadaan seimbang, sempurna baik fisik, mental, dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit dan lemah.

Sehat dibagi menjadi dua yaitu sehat jasmani dan rohani. Sehat jasmani ialah sehat yang nampak pada organ-organ tubuh. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, mulai dari bagian kulit terluar hingga organ terdalam seperti jantung, ginjal, hati dan lain-lain. Sedangkan sehat rohani adalah kesehatan jiwa yang bersumber dari akal dan pikiran manusia.

Pada zaman dahulu, pengetahuan masyarakat tentang kesehatan masih minim sekali. Dikarenakan ilmu tentang kesehatan masih sangat terbatas. Maklum jika penerapan pola hidup sehat masih rendah. Berbeda dengan zaman sekarang. Di era modern ini, ilmu kesehatan sangat mudah untuk diakses. Selain bisa diakses secara daring, kita juga bisa mendapatkannya secara luring yakni melalui pendidikan di sekolah.

Pendidikan dan kesehatan tidak bisa dipisahkan. Keduanya berhubungan sangat erat, ibarat dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Tujuan pendidikan dalam hal ini yaitu menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dari sekolah.

Dari mulai sekolah Taman Kanak-Kanak kita sudah diajarkan menu 4 sehat 5 sempurna, diajarkan untuk rutin memotong kuku, mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur,himbauan untuk tidak jajan sembarangan dan masih banyak lagi. Dengan tujuan untuk melatih kebiasaan hidup sehat pada anak-anak sejak dini.

Dari sekolah kemudian dilanjutkan penerapannya di rumah. Orang tua sangat berperan penuh dalam hal ini. Apa yang telah diajarkan di sekolah, diharapkan anak-anak mampu mengimplementasikan dengan baik ketika di rumah. Tentu dengan monitoring para guru dan orang tua. Kolaborasi yang baik antara Pendidikan dan Kesehatan, Guru dan Orang tua, maka akan menumbuhkan kebiasaan hidup sehat pada anak yang akan terbawa hingga mereka dewasa nanti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *