Tips Keluar Zona Nyaman Secara Cepat

Narasumber : Talitha Utami
Tema : Sikat Segala Bidang

Membahas tentang Tips Keluar Dari Zona Nyaman
moderator: masnuroh (@nahl_bintu)

Tips Keluar Zona Nyaman Secara Cepat – Setiap orang punya passionnya masing-masing. Passion adalah pengembangan dari hobi. Passion tidak selalu sejalan dengan apa yang kita pelajari.

Misalnya dari pemateri, kuliahnya jurusan Akuntansi tapi menekuni berbagai bidang yang menjadi passionnya. Dalam menekuni passion dibawa enjoy saja. Kak Talitha sendiri bisa dibilang banting setir, dari mahasiswi akuntansi bisa membuat komunitas kepenulisan dan menjadi mc (master of ceremony) juga.

Ini adalah salah satu contoh bahwa kita harus bisa keluar dari zona nyaman dan tidak boleh berhenti dalam mengasah kemampuan. Dalam mengasah kemampuan atau passion, jangan mengejar materi terlebih dahulu, jika diakhir perjalanan memang ada materi yang masuk ke dalam kantong kita, maka itu adalah bonus yang bisa kita rasakan.

Berikut adalah beberapa Tips Keluar Zona Nyaman dari Kak Talitha

  1. Harus nekat dan punya tekad. Harus berani melangkah kedepan. Tutup telinga dan buka mata, ayunkan kaki ke depan untuk melangkah lebih jauh.
  2. Niat. Semua diawali dengan niat. Harus ada niat yang kuat dalam diri ketika mengasah passion yang kita miliki. Niat ini juga yang menguatkan kita akan omongan-omongan orang yang melemahkan, atau polisi-polisi tidur yang sering membuat langkah kita goyah. Sehingga dengan adanya banyak kritikan itu, menguatkan niat kita dalam mengasah passion.
  3. Mental yang kuat. Harus punya mental baja, contoh saja badak, predator saja malas memangsa badah, badak juga punya kulit yang keras, jadi mental kita harus sekeras kulit badak. Agar tidak mudah tergoyahkan oleh keadaan sekitar yang mungkin melemahkan langkah.
  4. Perdalam ilmu dan pelajari dasarnya. Kalau sudah memutuskan terjun masuk ke suatu bidang, pelajari sampai bagian terdalam, jangan hanya setengah-setengah. Pelajari sampai ke dasarnya agar tidak asal tahu saja. Misalnya punya hobi menulis, jangan hanya ikut lomba dan menang dalam sebuah lomba menulis antologi, harus berusaha punya buku sendiri.
  5. Konsisten dan tanggung jawab. Dalam mendalami passion dalam suatu bidang, harus punya konsisten dan tanggung jawab yang tinggi.

Tips Keluar Zona Nyaman: Public Speaking

Misalnya dalam dunia public speaking, menjadi pembicara, harus tahu akan membawakan tema tentang apa, tidak hanya sekadar tahu tapi pelajari sampai dasarnya. Sehingga ketika membawakan suatu tema, benar-benar sudah menguasai hal tersebut. Kak Talitha sendiri dalam suatu acara, ketika menjadi pemateri benar-benar mempelajari materi yang akan disampaikan. Menjadi MC pun juga benar-benar dipelajari bersama mentor-mentor yang memang berkompeten di bidangnya.

Satu Komunitas, Satu Bidang

Dalam mendalami berbagai bidang, cukup satu komunitas dalam satu bidang. Misalnya concern di bidang kepenulisan sastra, jadi cari satu komunitas yang mendukung dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Atau di bidang yang lainnya pun seperti itu. Jangan masuk di segala bidang, tapi di setiap bidangnya hanya setengah-setengah saja.

Mendobrak Zona Nyaman

Bagi kalian yang merasa takut untuk melangkah. Harus memberanikan diri untuk mendobrak zona nyaman. Rasa takut itu adalah pagar yang membuat kita tidak bisa melangkah ke depan sehingga hancurkan pagar itu.

Fokus Melangkah dan Memperbaiki Kesalahan di Masa Lalu

Ketika melakukan kesalahan harus berani meminta maaf dan berusaha agar tidak terulang lagi. Jadi, jangan takut dengan kesalahan tapi fokuslah melangkah dan memperbaiki kesalahan di masa lalu. Sikat segala bidang memang perlu. Karena passion memang harus diasah, tapi dalam menyelami satu bidang harus benar-benar konsisten dan bertanggungjawab.

Tidak hanya asal masuk dalam satu komunitas dengan harapan mengasah passion diri sendiri, tapi juga harus memiliki konsisten dan tanggung jawab. Karena dua hal itu termasuk dalam self improvement.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *