follow us

Cara Menerapkan Metode Ikigai dalam Mencari Pekerjaan Ideal

Pilihan Pembaca

Cara Menerapkan Metode Ikigai dalam Mencari Pekerjaan Ideal


Cara Menerapkan Metode Ikigai dalam Mencari Pekerjaan Ideal- Hai Sobat Shalaazz! Pada artikel kali ini Shalaazz akan membahas tentang metode Ikigai dalam mendapat pekerjaan ideal yang sobat shalaazz butuhkan. Jadi apasih metode ikigai itu?

Ikigai berasal dari kata 'iki' yang berarti kehidupan dan 'gai' yang berarti nilai. Ikigai (い き が い) itu sendiri adalah sebuah konsep empat pilar yang digabungkan bersama untuk menikmati kehidupan dalam budaya Jepang.

Lalu mengapa ikigai juga berhubungan dengan pencarian pekerjaan ideal? Keempat konsep tersebut sebenarnya bisa menjadi pilar dalam kehidupan, termasuk untuk mencari pekerjaan yang ideal. Cara mencari pekerjaan yang ideal di era modern ini bisa merupakan perpaduan antara empat pilar tersebut. Menurut ikigai, ada begitu banyak faktor untuk mencapai pekerjaan yang ideal di era modern ini terdiri dari passion (apa yang kita cintai?), mission (apa yang kamu kuasai?), vacation (apa yang dibutuhkan dunia?), Dan profession (apa kamu dapat dibayar?). Ada penjelasan untuk empat konsep ikigai nih sobat, yuk simak!

1. Passion (apa yang kita cintai?)

Kehidupan profesional yang bermakna dimulai dari apa yang kita sukai dan apa yang kita minati, biasanya disebut passion. Passion dapat ditemukan di mana-mana tetapi kadang tidak dapat disadari dengan mudah. Pencarian passion menurut shalaazz bisa di lihat dengan 2 cara;


Misalnya passion dapat dilihat ketika kita melakukan kegiatan sehari-hari, banyak orang ketika melakukan kegiatan mandi pagi sambil menyanyikan lagu-lagu favorite dan sialnya kita tidak menyadari bahwa kita memiliki suara yang baik maka kita jadi kurang memperhatikan hal tersebut dan dengan cepat membuang potensi yang kita miliki.

Kemudian passion yang dilihat dari hobi. Berbeda dengan passion karena keiatan sehari-hari, biasanya ketika kita melakukan hobi  berarti kita menyadari akan hal-hal yang kita suka. Orang yang memiliki hobi akan cenderung memperhatikan passion ersebut dan berkembang lebih cepat daripada yang tidak menyadarinya. Maka jika sekarang sobat shalaazz belum menemukan passion, sobat dapat menambah kepekaan dan menemukan itu di sekitarnya.


2. Mission (apa yang kamu kuasai?)

misi berisi keterampilan yang menopang kehidupan profesional yang cemerlang. Menurut shalaazz, keterampilan sendiri memiliki dua jenis dan dapat dilatih untuk pengembangan diri itu sendiri. Dibagi atas hard skill dan soft skill.

Hard skill adalah kemampuan yang bisa diajarkan atau serangkaian keterampilan yang mudah dilatih. hard skill sejatinya dimiliki sebagai kemampuan teknis yang sesuai dengan pekerjaan ideal yang kita inginkan. Tiga contoh hard skill adalah coding, penganggaran, dan pencampuran minuman. Biasanya, orang dapat memperoleh hard skill di ruang kelas, dalam kursus online, melalui buku-buku dan materi lainnya.

Sementara soft skill membuktikan bahwa kita bisa fleksible dan sangat cocok di mana saja. Seperti  bagian dari kepribadian, tetapi dapat dipelajari. Tiga contoh soft skill adalah keterampilan interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan. Maka menggabungkan keduanya adalah cara terbaik untuk memberi kita pekerjaan ideal yang diinginkan.



3. Vacation (apa yang dibutuhkan dunia?)

Vacation adalah keterampilan atau skill kita yang akan menghasilkan pekerjaan ideal dan akan dibutuhkan oleh dunia. Dua komponen yang melengkapi metode vacation ini adalah target pasar dan target pelanggan. 


Target pasar adalah kelompok pelanggan potensial yang lebih luas yang ditentukan oleh kisaran. Keahlian akan menentukan target. Misalnya ketika kita memiliki keterampilan untuk menulis cerita, target pasarnya adalah penulis konten atau novelis.



Kemudian keterampilan juga menentukan pelanggan, target  pelanggan adalah orang yang diidentifikasi kemungkinan besar akan menggunakan keterampilan untuk menyelesaikan kebutuhan mereka. Ini adalah bagian yang jauh lebih tersegmentasi dari target pasar, karena telah mengidentifikasi aspek-aspek tertentu dari individu ini. Komponen-komponen ini mungkin termasuk usia tertentu dan bukan lagi kisaran.

4. Profession (dengan apa kamu dapat dibayar?)


Inilah salah satu pilar penting terakhir yang disebut profesi, profesi adalah penghasilan yang harus kamu miliki setelah melakukan hal-hal menggunakan campuran passion, mission dan vacation. Ada dua cara untuk mendapatkan penghasilan profesi, yaitu pembayaran dan manfaat/keuntungan.

Pembayaran adalah transfer satu bentuk barang, jasa, atau aset keuangan sebagai imbalan untuk bentuk barang, jasa, atau aset keuangan lainnya dalam proporsi yang dapat diterima yang sebelumnya telah disepakati oleh semua pihak yang terlibat. Pembayaran dapat dilakukan dalam bentuk dana, gaji, aset atau layanan, biasanya pembayaran menggunakan uang.

Kemudian manfaat/keuntungan adalah ketika kita merasa puas dapat membantu orang lain dengan keterampilan yang kita miliki, manfaat biasanya tidak menggunakan uang tetapi akan menghasilkan hubungan yang baik dengan orang lain dan pikiran yang positif.

Jadi, keempat pilar atau disebut metode ikigai ini  dapat membantu kita menemukan pekerjaan ideal yang kita butuhkan karena passion, mission, vacation, dan profession saling berkaitan nih sobat shalaazz. Keseimbangan tentang empat pilar juga harus kita miliki untuk keberlanjutan pekerjaan itu sendiri. Yuk sama-sama tingkatkan lagi passion, mission, vacation dan profession yang diperlukan untuk mendapat pekerjaan ideal yang kita mau!















SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar