follow us

7 Jurusan Kuliah Yang Dianggap Sulit di Indonesia

Pilihan Pembaca

7 Jurusan Kuliah Yang Dianggap Sulit di Indonesia


7 Jurusan Yang Dianggap Sulit di Indonesia- Hai Sobat Shalaazz, setiap tahun calon mahasiswa baru di Indonesia mencari jurusan sesuai minat dan bakat. Terkadang memilih jurusan yang dapat menunjang karir dan masa depan. Memang memilih jurusan salah satu momen yang penting. 

Melewati masa sulit masa perkuliahan tidaklah mudah. Banyak sekali pilihan jurusan di Indonesia. Namun ada beberapa jurusan yang danggap sulit bagi mereka yang sudah memilih jurusan itu. Tapi meskipun susah tetap berjuang ya karena masa depan cerah. 

Ada 7 jurusan yang dianggap susah di Indonesia. Semua itu tergantung individu ya. Tidak ada yang susah jalani saja dengan mudah. Baik simak dibawah ini.

1. Teknik Informatika

Dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari namanya teknologi. Jurusan teknik informatika salah satu pencipta teknologi-teknologi. Tidak heran peminatnya pun cukup banyak saat ini. Jurusan teknik informatika mempelajari logika matematika, data hingga belajar berbagai bahasa pemrograman seperti C+, C#, java, Php, Kotlin, Laravel dan masih banyak lagi. Hal ini dianggap sulit bagi sebagian mahasiswa yang sudah memilih jurusan ini. Tidak banyak yang ingin pindah jurusan. 

2. Kedokteran 

Jurusan kedokteran mempelajari kehidupan manusia. Tidak sedikit yang mengeluh tentang biaya yang dikeluarkan jurusan kedokteran. Dari teori hingga praktikum membutuhkan biaya yang mahal. Untuk estimasi kuliahnya lebih lama dibandingkan jurusan lain yang hanya 4 tahun. Sedangkan jurusan kedokteran membutuhkan waktu 5-6 tahun untuk menyelesaikan jurusan kuliah. 

3. Teknik Arsitektur

Pernahkan Sobat Shalaazz melihat bangunan yang begitu indah gedung pencakar langit dengan desain yang begitu indahnya. Nah itu kerjaannya arsitektur. tapi tunggu dulu kenapa arsitektur menjadi jurusan paling sulit di Indonesia? Arsitektur jangan dikira hanya yang jago menggambar saja. Justru perhitungannya lebih detail. Seperti ukuran rumah segini cukup tanahnya berapa dan pokoknya detail banget. Tidak salah jurusan arsitektur di gaji dengan bayaran tinggi. Karena mmbutuhkan ide kreatif. 

4.Jurusan farmasi

Sobat Shalaazz jika mendengar kata farmasi apa yang terlintas? Ya, pasti obat-obatan. Nah kali ini jurusan farmasi memang tergolong sulit. Bukan hanya menghafal obat-obatan saja, tetapi belajar menakar setiap kandungan obat jangan sampai kurang atau lebih. Nanti kalau kelebihan overdosis. Makanya jurusan farmasi banyak diincar di Indonesia. Buakn teori saja tetapi tugas praktikum juga. Lulusan jurusan farmasi banyak dicari karena lihai meracik obat. Selain itu, jurusan farmasi belajar tentang kesehatan, kimia, berbagai penyakit bahkan biologi juga. 

5. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil memang cukup sulit. Sulit dalam arti mata kuliahnya. Jurusan teknik sipil bukan hanya mempelajari tentang mengukur jalan saja dan  infrasrtuktur, tetapi mengolah merancang bangunan udah visioner banget. Apakah yang dibangun ini membuat kemaslahatan hidup manusia atau tidak. Jurusan teknik sipil sulit tapi paling banyak diminati di Indonesia lo. 

6. Jurusan Manajemen dan Bisnis

Tidak heran yang mengambil jurusan manajemen dan bisnis pintar banget dalam mengelola keuangan. Kenapa jurusan ini dianggap sulit? Biasanya perguruan tinggi yang cukup tersohor melakukan tes yang mumpuni untuk calon mahasiswa yang akan masuk jurusan manajemen dan bisnis. Jurusan ini biasanya mempelajari 3 inti ilmu ekonomi diantara ilmu mikro, ilmu makro dan alat kuantitatif. Jurusan ini bukan hanya niat, tetapi ada kemauan keras serta keterampilan dari segi verbal dan konsistensi. 

7. Jurusan Matematika

Saat di bangku sekolah matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit dipelajari. Membutuhkan dedikasi dan kerja keras untuk memcahkan soal yang terbilang sulit. di perkuliahan minat jurusan matematika terbilang banyak diminati. Meskipun sulit tetapi mudah dalam mencari pekerjaan. Tidak banyak yang drop out jurusan ini dan ada yang lulus sempurna. Semua tergantung diri Sobat Shalaazz yah. 


Memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion membuat kuliah Sobat Shalaazz lancar jaya. tapi tidak banyak dari beberapa mahasiswa yang sukses meskipun memilih jurusan yang dianggap sulit. Semua tergantu diri kamu Sobat Shalaazz. 



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar