follow us

Anak TKJ Harus Tahu Ini : Definisi Pemrograman Dasar, Bahasa Pemrograman, Tips Belajar Pemrograman

Pilihan Pembaca


Anak TKJ Harus Tahu Ini : Definisi Pemrograman, Bahasa Pemrograman, Tips Belajar Pemrograman -Pemrograman merupakan sebuah proses menulis, menguji, memperbaiki serta memelihara kode yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrogaraman yang tujuannya untuk membangun suatu program komputer. Sehingga program tersebut dapat melakukan pekerjaan sesuai keinginan dari si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman ini, membutuhkan sebuah keterampilan dalam algoritmalogikaserta bahasa pemrograman. Selain itu ada beberapa pada banyak kasus, juga membutuhkan pengetahuan-pengetahuan lain, contohnya matematika. Karena matematika dan pemrograman merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan.
Pemrograman juga disebut sebagai suatu seni dalam menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman tertentu. Maka dari itu, untuk belajar pemrograman, kamu harus lebih tahu dulu apa itu bahasa pemrograman dan jenis-jenisnya. Karena bahasa pemrograman ini merupakan salah satu hal yang paling dasar dalam pemrograman.
Sebenarnya ada banyak bahasa pemrograman, diantaranya: Java, bahasa C, PHP, Visual Basic, Python, Bahasa Pemrograman C++, Javascript, C#, Objective -C, actionscript, html/css, ruby, XML, bahasa pemrograman pascal, sitch aplle dan masih banyak lagi.
Akan tetapi kamu tidak perlu mempraktekkan semuanya, sebagai pemula cukup dengan memahami satu bahasa pemrograman, dan sering lakukan praktek. Ada beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan di Indonesia, diantaranya:

Python
Pyton merupakan salah satu bahasa pemrograman dasar yang perlu dipelajari oleh para pemula dan termasuk bahasa pemrograman inti dari Rashshberrry Pi Bahasa pemrograman ini tergolong mudah dipelajari dan tidak menuntut 100% akurat. Oleh karena itulah sebagian besar para programer merekomendasikan untuk mempelajari bahasa pemrograman python terlebih dulu sebagai pemula.
JavaScript
Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya ditujukan untuk situs website. Bahasa pemrograman ini telah lama ada dan masih digunakan hingga saat ini. Apabila kamu telah memiliki pemahaman tentang html, maka akan sangat mudah untuk mempelajari javascript ini. Dan biasanya ditulis di notepad terlebih dulu sama seperti halnya menulis html.adi jauh lebih mudah untuk dipelajari.
Java
Bahasa pemrograman ini tingakatannya lebih sulit. Akan tetapi saat ini banyak programmer yang mulai mempelajari Java justru sebagai bahasa pemrograman awal. Dikarenakan bahasa pemrograman java juga bisa diterapkan ke bahasa lainnya. Contohnya C++ yang merupakan bahasa pemrograman serupa dengan java. Selain itu Java juga bisa diterapkan ke berbagai program yang berbeda, seperti video game sampai beberapa aplikasi khusus android
Bahasa C
Yang terakhir yang harus anda pelajari apabila kamu benar serius belajar bahasa pemrograman yaitu bahasa C. Akan tetapi diperlukan keterampilan untuk mempelajari bahasa C ini loh.
Meski begitu, bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan paling komprehensif sehingga dibutuhkan dalam jangka panjang.
Tips Belajar Pemrograman
1.      Praktek
2.      Gunakan model atu tutorial yang lengkap
3.      Buat jadwal belajar
4.      Cari teman atau mentor
5.      Catat dan bagikan

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar