follow us

Persiapan Dasar Penting Ketika Menghafal Alquran

Pilihan Pembaca

Persiapan Dasar Penting Ketika Menghafal Alquran


Persiapan Dasar Penting Ketika Menghafal Alquran - Halo sobat Shalaazz. Dewasa ini, menghafal Alquran merupakan salah satu fenomena yang terkenal. Dengan bukti banyaknya lembaga-lembaga atau berbagai komunitas yang berlabelkan Alquran. 

Sebagian orangtua pun ikut memasukkan anaknya ke lembaga-lembaga tersebut. mengingat menghafal Alquran merupakan salah satu anugerah yang sangat diidam-idamkan oleh para kaum muslim, di samping sebagai pedoman hidup manusia, Alquran juga mempunyai banyak keutamaan terutama keistimewaan orang yang menghafal karena adanya hadist yang menegaskan bahwa para penghafal Alquran merupakan bagian dari keluarga Allah.

Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menghafal Alquran dengan dianugerahinya otak sebagai sarana untuk berfikir. Namun tidak semua orang dapat memanfaatkan anugerah yang telah diberikan Allah. Sebagaimana dalam melakukan hal apapun yang harus ada persiapannya. Menghafal Alquran juga harus mempunyai persiapan yang matang agar bukan hanya sekedar menghafal di kepala saja melainkan menghafal yang menyerap ke dalam hati.

Persiapan-persiapan dasar tersebut, di antaranya sebagai berikut:


1.  Niat yang ikhlas

Dalam menghafal Alquran persiapan pertama merupakan persiapan yang paling utama. Karena persiapan ini bukan hanya menyangkut fisik melainkan persiapan yang berhubungan langsung dengan mental. Seseorang yang ingin menghafal Alquran harus menyiapkan dirinya secara matang dengan niat yang ikhlas untuk menghafal Alquran. Ketika seseorang mempunyai niat yang ikhlas, ia akan melakukan segala sesuatu dengan lapang dada dikarenakan apa yang dilakukannya merupakan suatu hal yang diinginkannya. Jika seseorang tidak mempunyai niat yang ikhlas maka ia apa yang dilakukannya tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dan akan menimbulakan segala kendala ketika menghafal Alquran seperti susah menghafal, berat menghafal dan lain-lain.

2. Usaha yang sungguh-sungguh

Ketika seseorang sudah mempunyai niat yang ikhlas untuk menghafal Alquran, maka harus didampingi dengan usaha yang sungguh-sungguh. Agar niatnya tersebut tidak hanya tersimpan di dalam hati melainkan terlaksana dalam perilaku dan tindakan. Jika hanya niat saja untuk menghafal Alquran tanpa adanya usaha untuk menghafalnya, maka menghafal Alquran pun tak akan terlaksana. 

Ada pepatah yang berbunyi “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapat”. Ketika seseorang menggabungkan keduanya yaitu niat yang ikhlas dan usaha yang sungguh-sungguh. Menghafal Alquran terasa sangat indah dan menyenangkan.


Demikian persiapan dasar yang dapat dipersiapakan oleh para calon penghafal Alquran. Agar memudahkan mereka ketika mulai menghafal Alquran. Para sobat Shalaazz  bisa mencobanya. Semoga bermanfaat!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar