follow us

Ini Perbedaan Sebenarnya D1, D2, D3, dan D4

Pilihan Pembaca

Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4
Sumber gambar : Unsplash

Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4- Program pendidikan diploma tiga (D3) dan diploma empat (D4) tentu sudah sering kita dengar dalam ranah tingkatan pendidikan di perguruan tinggi. Namun, pernahkah sobat-sobat terpikirkan, adakah jenjang pendidikan diploma satu (D1) dan diploma dua (D2)? Mungkin sobat-sobat sekalian masih ada nih yang bingung memilih jenjang pendidikan apa yang nantinya akan ditempuh. Akankah memilih pendidikan vokasi atau akademik.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang cenderung lebih banyak praktek dibanding teori, serta terfokus pada penguasaan keahlian tertentu. Sedangkan  pendidikan akademik adalah keterbalikan dari pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang lebih dominan pada teori dibanding praktek, serta cenderung pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan sebagainya.

Pendidikan vokasi meliputi program pendidikan Diploma Satu (D1), Diploma Dua (D2), Diploma Tiga (D3), dan Diploma Empat (D4). Sedangkan pendidikan akademik meliputi program pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3). Jika pada pendidikan akademik para mahasiswa harus menyelesaikan S1 terlebih dahulu sebelum dapat lanjut ke S2, maka lain halnya dengan pendidikan vokasi. Pada pendidikan vokasi, sobat-sobat bisa langsung memilih akankah lanjut mengikuti program D1, D2, D3, atau D4.

Namun, apa ya yang sebenarnya membedakan antara program pendidikan D1, D2, D3, dan D4?


1. Diploma Satu (D1)


Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4
Sumber gambar : Unsplash


Masa pendidikan di program D1 tergolong tidak lama, yaitu hanya 1 tahun dengan 32 SKS (Satuan Kredit Semester) yang harus diselesaikan. Ketika memilih program ini, jadwal kegiatan sobat tentu akan dipenuhi oleh praktek karena sobat memang dipersiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja.

Selain itu, sobat pun akan dibekali dengan banyak sekali praktek yang dapat digunakan di dunia kerja. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktek dan laporan karya ilmiah. Lulusan D1 akan mendapat gelar A.P atau Ahli Pratama dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja dan diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

2. Diploma Dua (D2)


Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4
Sumber gambar : Unsplash

Pembeda antara program D1 dan D2 adalah lama masa pendidikan dan jumlah SKS yang harus diselesaikan. Masa kuliah program diploma dua (D2) adalah 2 tahun atau 4 semester dengan jumlah 64 SKS yang harus diselesaikan. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan sama dengan program D1, yaitu kerja praktek dan laporan karya ilmiah. Di jenjang D2 sobat tentunya akan banyak sekali praktek, yang bertujuan untuk mengasah skill. Lulusan D2 akan mendapat gelar A.Ma atau Ahli Muda.

3. Diploma Tiga (D3)


Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4
Sumber gambar : Unsplash


Diploma tiga (D3) adalah program pendidikan yang paling diminati dibanding program pendidikan yang lain. Tidak heran kalau saat ini banyak lembaga pendidikan atau perguruan tinggi yang membuka program pendidikan D3. Masa pendidikan diploma tiga (D3) adalah 3 tahun dengan jumlah 112 SKS yang harus dituntaskan.

Tugas akhir atau syarat kelulusan program D3 sama dengan D1 maupun D2, yaitu menyelesaika kerja praktek dan membuat laporan karya ilmiah. Gelar yang didapat bagi para mahasiswa D3 adalah A. Md atau Ahli Madya. Beberapa jurusan yang bisa dipilih di jenjang D3 di antaranya, akuntansi, penyiaran, teknik grafika dan penerbitan, hubungan masyarakat, dan pariwisata.

4. Diploma Empat (D4)


Ini Perbedaan Sebenarnya  D1, D2, D3, dan D4
Sumber gambar : Unsplash

Biasanya, diploma empat (D4) sering disamakan dengan program sarjana (S1). Hal itu terjadi karena masa pendidikannya yang sama dengan S1, yakni 4 tahun dengan jumlah 144 SKS yang harus diselesaikan. Lalu, apa perbedaan program D4 dan S1?

Dalam masa perkuliahan program D4, 60% adalah praktek. Sedangkan dalam program S1 persentase kegiatan prakteknya hanya 40%. Lulusan program D4 nantinya akan menyandang gelar S. ST atau Sarjana Sains Terapan.

Nah, dari penjelasan di atas mana pendidikan yang akan sobat Shalaazz ambil? Apapun pilihannya pilihlah yang sesuai dengan passion sobat dan jangan pernah mengambil keputusan atas dasar mengikuti pilihan orang lain. Semoga bermanfaat dan Tetap Semangat!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar