Indonesia Nation Building Oleh I Wayan Budiartawan

Indonesia Nation Building Oleh I Wayan Budiartawan
 
 
Indonesia Nation Building – Generasi muda Indonesia yang sekarang lahir setelah revolusi kemerdekaan tahun 1945.Oleh karena itu pendidikan nation building perlu ditekankan di sekolah-sekolah. Rasa cinta tanah air harus ditumbuhkan kepada para peserta didik. Dan rasa kebangsaan dibangkitkan kepada anak-anak muda. Agar mempunyai kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
Nation building ditujukan agar timbul rasa solidaritas kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Patriotisme diajarkan guru-guru agar para peserta didik mencintai tanah air satu Indonesia dan rela berkorban membela bangsa. Disiplin tinggi diterapkan agar semangat kebangsaan bisa dipupuk. Baca juga: Inovatif! Limbah Organik Sebagai Media Pembelajaran yang Asik
Karya anak-anak muda di masa mendatang akan menjadikan negeri ini mencapai kemajuan di bidang iptek. Generasi muda sekarang bertugas untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan menaikkan taraf hidup rakyat. Masyarakat adil dan makmur  bisa diwujudkan sebagaimana diamanatkan oleh bapak-bapak bangsa.
Nation building menuju Indonesia yang mandiri. Kaum muda-mudi dibentuk sehingga mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Mengandalkan kekuatan sendiri, bekerja keras demi pembangunan. Sanggup mengatasi segala rintangan yang dihadapi bangsa ini. Semangat kebangsaan yang kokoh  untuk memacu derap pertumbuhan ekonomi. Etos kerja yang menghasilkan. Baca juga: Bagaimana Peran Google vs Guru di Revolusi Industri 4.0?
Penulis
I Wayan Budiartawan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *