follow us

Apa Bedanya Universitas,Institut,Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi?

Pilihan Pembaca

Apa bedanya universitas institut,sekolah tinggi, Politeknik, Akademi?


Apa bedanya universitas institut,sekolah tinggi, Poloteknik, Akademi?-  Sobat Shalaazz calon mahasiswa? Mau melanjutkan kuliah kemana nih? Ke Universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik atau akademi? Jangan-jangan masih belum tahu perbedaannya?

Bagi yang mau kuliah tapi suka bingung sama jeni-jenis  kampus seperti universitas, institut,sekolah tinggi politeknik dan akademi. Terkadang kebanyakan salah mengartikan definisi dari universitas, institut,sekolah tinggi, politeknik dan akademik.

Tahukah sobat Shalaazz, bahwa universitas, institut dan sekolah tinggi ada perbedaanya lho. baik itu dari mata kuliah maupun biaya kuliah. Nah disini Shalaazz akan menjelaskan tentang perbedaan universitas, institut,sekolah tinggi, politeknik dan akademik. Simak baik-baik dibawah ini.

1. Universitas

Universitas adalah suatu isntitusi yang menyelenggarakan pendidikan akademik  maupun pendidikan vokasi, keahlian ilmu yang luas mempunyai macam-macam fakultas dan jurusan sehingga dapat menemuka berbagai rumpun ilmu pengetahuan, teknologi dan seni jika memenuhi syarat.
Contoh Universitas sepeti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan Universitas Gadjah Mada.

2. Institut

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan kedisiplinan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi hanya satu keilmuan saja. Institusi juga sama halnya universitas banak fakultas, tapi yang membedakan hanya satu keilmuan saja. 
Contoh Institut: Institut teknologi bandung, institut pertanian bogor.

3. Sekolah tinggi 

Sekolah tinggi adalah pendidikan tinggi yang tidak  menyelenggarakan pendidikan akademi tapi pendidikan vokasi yang mempelajari satu bidang keahlian tidak mempunyai fakultas dan berfokus pada mencetak mahasiswa unggul untuk memiliki kemampuan profesional dan siap kerja. 
contoh sekolah tinggi: sekolah tinggi farmasi, STAN dan lain-lainnya.

4. Politeknik

Politeknik adalah sebuah institusi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi yang mempelajari satu bidang keahlian yang mengembangkan mengaplikasikan ilmu serta siap pakai sesuai kebutuhan kerja, 

5. Akademi

Akademi adalah suatu pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dari beberapa rumpun ilmu. Akademi hanya berorientasi untuk mencetak profesional yang berkualitas.
Contoh: Akademi pendidikan Militer


Bagaimana sobat Shalaazz apakah sudah jelas perbedaan universitas institut,sekolah tinggi, Politeknik, Akademi?



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar