follow us

[Opini]-Nadiem Anwar Makarim Oleh I Wayan Budiartawan

Pilihan Pembaca

[Opini]-Nadiem Anwar Makarim Oleh I Wayan Budiartawan

[Opini]-Nadiem Anwar Makarim Oleh I Wayan Budiartawan- Mendikbud yang baru memang mempunyai track record yang cemerlang. Lulusan Harvard dan pendiri Gojek, Nadiem Anwar Makarim, menduduki jabatan mendikbud untuk periode 5 tahun mendatang. Di pundak menteri baru ini dibebankan segala urusan depdikbud yang kian ruwet. Menjadi menteri memang bukan sekedar mengurus perusahaan atau lulus universitas kenamaan. Menteri harus mengabdi kepada orang-orang kecil.

Pendidikan di Indonesia perlu pembenahan dengan segera. Banyak SD yang atapnya bocor perlu dana yang tidak sedikit untuk perbaikan. Seperti disoroti media televisi.Anak-anak putus sekolah berkeliaran di jalan-jalan. Aset bangsa masa depan negara. Dibutuhkan pejabat yang  berhati mulia untuk menolong masyarakat kelas bawah.

Tidak semua orang bisa lulus universitas. Terbentur biaya kuliah yang mahal.  Dikhawatirkan banyak anak-anak cerdas tidak mendapatkan kesempatan untuk maju. Padahal pembangunan membutuhkan banyak tenaga-tenaga terdidik.  Bangsa ini harus diurus oleh warganya sediri. Diberitakan di harian di Bali beberapa waktu lalu, pembangunan pusat tenaga listrik di Bali Utara tenaga  kerjanya 100 persen dari negeri Cina.

Mangku Made Pastika semasa menjadi gubernur Bali mengeluhkan manajer-manajer hotel-hotel di Bali semua orang asing.  Mendikbud RI yang baru harus bisa mengantisipasi masalah ini. Pendidikan oleh bangsa sendiri dan untuk kepentingan bangsa sendiri.
Teknologi asal pakai buatan luar negeri tidak patut dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

Penulis

I Wayan Budiartawan

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar