follow us

Fasilitator Pendidikan di Era Generasi Alpha

Pilihan Pembaca



Fasilitator Pendidikan di Era Generasi Alpha.


Fasilitator Pendidikan di Era Generasi Alpha - Banyak istilah untuk mewakilkan keadaan generasi sekarang, salah satu istilah yang sering kita dengar ialah generasi millennial. Namun apakah betul bahwa kita ialah generasi milenial?

Dalam buku yang ditulis oleh Aprianto (2017) berjudul “Passion for Millenial People” dijelaskan bahwa setelah berakhirnya perang dunia kedua, telah lahir lima generasi yang disesuaikan dengan kebutuhan kehidupannya. 

  • Generasi Baby Boomer (1946 - 1964) adalah generasi pertama yang lahir pasca perang dunia kedua dimana generasi ini fokus menata ulang kehidupan mereka tanpa adanya lagi perang. 
  • Generasi X (tahun 1965 - 1976) dimana generasi ini dikenal sebagai generasi yang telah matang dalam mengambil dan menetapkan keputusan. Selain itu, pada generasi ini, Komputer telah mulai diperkenalkan untuk pertama kalinya. 
  • Generasi Y atau millennial (1977 -1995) dimana dizaman ini, computer telah mewabah bahkan generasi ini tidak bisa hidupa tanpa internet. 
  • Generasi Z atau I-Generation (1996 - 2010) dimana pola pikir pada generasi ini adalah serba instan sebab telah dipenuhi oleh teknologi yang sangat canggih. Sosial media dan teknologi tumbuh menjamur pada di era generasi ini. 
  • Generasi Alpha (2010 - sekarang) dimana orang-orang menyebut bahwa pada generasi ini merupakan generasi tanpa kekuarangan. 


Nah, teman-teman pembaca sekalian masuk dalam generasi mana?


Sistem pendidikan baik dari sisi sarana pendidikan dan prasarananya maupun metode pendidikan yang digunakan terus berkembang seiring dengan perubahan generasi ini. Khususnya di era generasi Z atau I-Generation, kita akan membahas salah satu sosok fasilitator pendidikan Indonesia yang tentunya sangat berjasa pelajar-pelajar di Indonesia. Dia adalah Muhammad Iman Usman (Pendiri ruangguru.com).

Muhammad Iman Usman lahir di Padang pada 21 Desember 1991. Sejak kecil ia telah menunjukkan minat dan ketertarikannya pada dunia relawan kependidikan dan pengembangan masyarakat. Sosoknya yang mudah tertarik pada hal baru dan kemauan belajarnya yang tinggi mengantarkan sosok Muhammad Iman Usman meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti di tahun 2008 ia meraih penghargaan Pemimpin Muda Indonesia tahun 2008 dari Prsiden dan United Nation Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York serta masih banyak penghargaan lain yang diraihnya.

Setelah menamatkan SMA di Padang, Iman melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia pada Fakultas FISIP Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Dilingkup Universitas pun Iman selalu berprestasi diantaranya adalah Mahasisswa Berprestasi Utama UI tahun 2012 dan masih banyak lagi pengahrgaan berskala nasional dan Internasional yang diraih olehnya.

Setelah mendapatkan gelar sarjana di Universitas Indonesia, Iman melanjutkan studi Pascasarjana di Columbia University, New York, Amerika Serikat dengan biaya penuh sebagai Riady Scholar.

Selesai mendapatkan gelarnya dibidang pendidikan pada Columbia University, Muhammad Usman Iman Mulai mendirikan ruangguru.com.  Dia mengajak sahabatnya Adamas Belva  Devera, dengan tujuan membantu membantu meningkatkan  pendidikan di Indonesia.

April 2014 ruangguru.com secara resmi dirilis. Modal yang awalnya dikeluarkan secara pribadi pun berubah. East Ventures, salah satu Venture Capital yang berada diasia, memberikan investasinya kepada ruangguru.com. Selama 1,5 tahun. Uang itu digunakan sebaik mungkin untuk pengembangan platform, gaji pegawai, divisi pemasaran dan lain-lain.

Sejak berdirinya sampai sekarang ini, telah banyak penghargaan yang diaraih oleh ruangguru.com diantaranya adalah berhasil mendapatkan tiga penghargaan dalam kompetisi global MIT-Solve yang diselenggarakan oleh MIT (The Massachusetts Institute of Technology) di New York, Amerika Serikat. Kompetisi pencarian solusi dari berbagai masalah global yang diikuti hampir 1000 organisasi dari 103 negara tersebut memberikan tiga penghargaan kepada ruangguru.com. Penghargaan tersebut adalah Solver of MIT, Atlassian Prize, dan DFAT Prize yang diberikan Kementerian Luar Negeri Australia, Julia Bishop.

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh ruangguru.com yakni ruang belajar yang berisikan ribuan video belajar, latihan soal dan rangkuman untuk setiap mata pelajaran utama dari jenjang SD, SMP dan SMA. Fasilitas selanjutnya yaitu Digital Boot Camp yang berisi grup chat belajar online dengan tutor yang selalu standby. Fasilitas berikutnya adalah ruang les yang menyediakan guru les berpengalaman dibidangnya untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik siswa. Fasilitas selanjutnya adalah ruang les online dimana siswa bisa berkonsultasi masalah soal melalui apliaksi live chat dan audio call. Fasilitas terakhir yaitu ruang uji dimana ini merupakan fasilitas try out ujian untuk menghadapi UN, Ujian semester, UAS, SBMPTN dan ujian lainnya.

Itulah sosok Muhammad Iman Usman dan Adamas Belva  Devera dengan ruangguru.com sebagai salah satu start up yang mampu membantu meningkatkan system pendidikan di Indonesia. Semoga segera terlahir generasi-generasi Indonesia selanjutnya yang bisa membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih baik dan lebih maju lagi.


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar