follow us

FAKTA POLITEKNIK NEGERI MALANG (POLINEMA)

Pilihan Pembaca

FAKTA POLITEKNIK NEGERI MALANG (POLINEMA)


FAKTA POLITEKNIK NEGERI MALANG (POLINEMA) - Politeknik atau sering disebut dengan Institut Teknologi merupakan institusi perguruan tinggi atau pendidikan vokasi yang profesioanl di mana memiliki jurusan spesialisasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik.

Kata politeknik asal mula dari bahasa Yunani, yakni poly = banyak dan tekhnikos=seni. Politeknik sering kali disebut sebagai Institut Teknologi yang mana keduanya merupakan sinomin.

Sebagai salah satu perguruan tinggi, kedudukan politeknik bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk terjun di masyarakat di mana memiliki kemampuan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat diterapkan, dikembangkan dan disebarluaskan di lingkungan masyarakat demi meningkatnya taraf kehidupan yang lebih baik lagi. Oleh karenanya, untuk mencapai tujuan itu maka politeknik memfasilitasi pelatihan dan pembelajaran yang mumpuni dan memadai guna mencetak sumber daya yang profesional dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik.

Salah satu politeknik yang ada di Indonesia adalah Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang berada di kota Malang, Jawa Timur yang berdiri sejak tahun 1982. 

SISTEM PENDIDIKAN DI POLITEKNIK NEGERI MALANG

Ada dua jenis jenjang pendidikan di Politeknik Negeri Malang, yakni Diploma III (D3 atau Ahli Madya) dan Diploma IV (D4 atau Sains Terapan). Masa pendidikan untuk Diploma III adalah 3 tahun (6 semester), di mana 5 semester digunakan untuk kuliah kampus dan 1 semester untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta penyelesaian tugas akhir. 

JURUSAN PROGRAM STUDI

1. D3 dan D4 Teknik Elektro
2. D3 dan D4 Teknik Mesin
3. D3 dan D4 Teknik Sipil
4. D3 dan D4 Teknik Kimia
5. D3 dan D4 Akuntansi
6. D3 dan D4 Administrasi Niaga
7. D3 dan D4 Teknik Informasi

ORGANISASI INTRA KAMPUS DI POLITEKNIK NEGERI MALANG

Organisasi Intra kampus di Politeknik Negeri Malang, terbagi menjadi 3 lembaga utama, yakni :

1. Lembaga Tinggi Politeknik Negeri Malang

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

2. Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang

UKM Pendidikan dan Penalaran, UKM Pecinta Alam, UKM Olahraga, UKM Usaha Mahasiswa, UKM Jurnalistik, UKM Kerohanian, dan lain-lain.


3. Himpunan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, Himpunan Mahasiswa Administrasi, Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Himpunan Mahasiswa Teknologi dan Informasi dan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil.


Itulah FAKTA POLITEKNIK NEGERI MALANG (POLINEMA) semoga bermanfaat. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar