follow us

5 TOP PONDOK PESANTREN (PONPES) MODERN DI INDONESIA

Pilihan Pembaca

PONDOK PESANTREN : 5 TOP PONDOK PESANTREN (PONPES) MODERN DI INDONESIA


5 TOP PONDOK PESANTREN (PONPES)MODERN DI INDONESIA - Adanya pondok pesantren telah sangat mendukung perkembangan dunia pendidikan Islam di dunia. Tidak hanya melahirkan generasi ulama, tetapi pondok pesantren juga menjadi tempat rujukan para aktivis dan ilmuwan.

Dulu, pondok pesantren dikenal dengan pola pendidikannya yang kaku. Namun, seiring berkembangnya dunia pendidikan di ranah pondok pesantren, maka muncullah istilah pondok pesantren modern. Di mana pola pendidikan hingga fasilitas pendidikannya mulai berkembang pesat. 

Beberapa pondok pesantren modern mulai membuka pendidikan dari jenjang sekolah dasar, menengah, atas, hingga sekolah tinggi sarjana. Tidak hanya itu, keunggulan pondok pesantren modern juga telah menerapkan beberapa bahasa dalam keseharian, seperti bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Nah, jadi pinter berbahasa kan? hehehe

Cukup banyak pondok pesantren modern yang ada di Indonesia. Dan ini ada 5 Top pondok pesantren di Indonesia.  


1.Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG)


Pondok Moderm Darussalam Gontor (PMDG) merupakan pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, Indonesia. Berdiri pada 20 September 1926. 

Adapun jenjang pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor ini adala:

a. KMI (Kulliyatul Mu'allimin /Mu'allimat Al-Islamiyah)
Merupakan jenjang pendidikan setingkat Tsanawiyah dan Aliyah.

b. Universitas Darussalam (UNIDA)
Merupakan perguruan tinggi berbasis pesantren. Ada beberapa fakultas yang tersedia yaitu: Fakultas Usluhuddin, Tarbiyyah, Syariah, Ekonomi, Humaniora, Kesehatan, Sains dan Teknologi.  

2. Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan


Pondok Pesantren Darunnajah merupakan ponpes di bawah naungan Yayasan Darunnajah Ulujami Jaksel. Pondok ini memiliki 17 cabang dan 57 satuan pendidikan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti Serang Banten, Jakarta, Bogor, dan Sumatra. Jenjang pendidikan di ponpes Darunnajah ini lengkap dari mulai PAUD sampai Perguruan Tinggi. 

3. Pondok Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah di Kediri


Ponpes Salafi Terpadu Ar-Risalah terletak di Desa Lirboyo, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Jenjang pendidikan di ponpes Salafi ini terdiri dari pendidikan formal (SD, SMP, SMA) dan non formal (Madrasah Diniyah, Tahfidzil Qur'an, Tahassus Kitab Kuning). Selain itu, terdapat beberapa ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat para santri seperti Tartil Qur'an, shalawat rebana, kaligrafi, karya ilmiah, drum band, buletin, bimbingan bahasa, dan lain-lain.

4. Pondok Pesantren Darul Ulum di Jombang


Ponpes Darul Ulum ini terletak di Desa Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Jenjang pendidikan formal mulai dari madrasah, SMP, SMA, SMK sampai perguruan tinggi. Non formal seperti tafsir, hadist, fikoh, akhlak, dan lain sebagainya. Serta terdapat ekstrakurikuler yang dapat menunjang ketrampilan para santri seperti pramuka, komputer, manajemen,dan lain sebagainya.


5. Pondok Pesantren Annur 2 di Malang


Bertempat di Balulawang, Malang, Jawa Timur. Terdapat jenjang pendidikan formal dan non formal. Formal meliputi MI, MTS, SMP, MA, dan SMA. Sedangkan jenjang non formal meliputi Madrasah Diniyyah, Salafiyyah, Tahfidz Al-qur'an, dan Mahad Aly STIKK (Sekolah Tinggi Ilmu Kitab Kuning). Ponpes ini didesain dengan konsep wisata sehingga indah dan juga asri. Fasilitas ponpes Annur ini cukup memadai, seperti sistem pengajaran berbasis boarding schooll, asrama, laboratorium sains, laboratorium teknologi, perpustakaan dan lain sebagainya. 




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar