follow us

Mengenal Lebih Dekat Perguruan Universitas Ahmad Dahlan

Pilihan Pembaca

Mengenal Lebih Dekat Perguruan Universitas Ahmad Dahlan



Mengenal Lebih Dekat Perguruan Universitas Ahmad Dahlan  - Kota pelajar sebuah identitas provinsi yang ada di Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta itulah namanya. Provinsi yang terkenal akan keistimewaan masyarakatnya, budaya, pendidikan, kuliner dan pariwisatanya. 

Keistimewaan yang ada tersebut membuat masyarakat lokal dan perantauan nyaman bersinggasana. Alasan tersebut yang membuat Yogyakarta dipilih sebagai daerah untuk melahirkan perguruan tinggi yang berkemajuan secara integritas dan moral.

Universitas Ahmad Dahlan atau yang dikenal dengan UAD merupakan perguruan tinggi swasta islam amal usaha muhammadiyah. Perguruan tinggi ini berdiri pada 18 November 1960 dengan nama IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. 

Pada saat tahun 1994 tanggal 19 Desember, sesuai SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 102/D0/1994 yang menerangkan bahwa IKIP Muhammadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan. 

Perguruan ini juga memiliki tujuan sebagai  penjabaran tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist serta memiliki motto moral and intellectual integrity .UAD memiliki 11 fakultas dengan 28 program studi yang terbagi dalam 5 kampus.

Kampus 1 UAD terletak di Jalan Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta. Di kampus 1 digunakan untuk Fakultas Psikologi dan Ekonomi. Fasilitas penunjang yang ada di kampus 1 seperti perpustakaan, wifi, kamar mandi, ruang kelas AC, dan SIMERU.

Kampus 2 UAD terletak di Jalan Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta. Pada kampus 2 UAD digunakan untuk Fakultas Sastra Budaya Dan Komunikasi.

Kampus 3 UAD terletak di Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Pada kampus 3 UAD digunakan sebagai Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Farmasi serta terdapat fakultas penunjang seperti wifi, laboratorium, kantin, koperasi, kamar mandi, ruang kelas AC, dan SIMERU(Sistem Manajemen Ruang).

Lalu, kampus utama atau kampus 4 UAD terletak di Jalan Ringroad Selatan, Yogyakarta. Pada kampus 4 digunakan untuk FKIP, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Hukum. 

Di kampus 4 sendiri dikenal sebagai kampus rasa mall oleh para mahasiswa. Julukan tersebut melekat karena fasilitas yang ada di kampus 4 UAD lengkap seperti 10 lantai, lift, eskalator, ruang kelas AC, kamar mandi, SIMERU, wifi, perpustakaan, dan lab. 

Bahasa. Kampus utama UAD ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat perkuliahan tetapi bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, misalnya Masjid Islamic Center(IC) UAD yang berada di dalam satu komplek. Selain itu di sisi timur akan dibangun Museum Muhammadiyah.

Kampus 5 UAD terletak di Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19, Yogyakarta. Di kampus 5 digunakan untuk Fakultas PGSD dan PGPAUD. Fasilitas  penunjang seperti SIMERU, kamar mandi,ruang kelas AC, wifi, dan perpustakaan.

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berdasarkan surat keputusan BAN-PT nomor 3652/SK/BAN-PT/AKRED/PT/X/2017 berstatuskan akreditasi A. maka tak khayal, mahasiswa berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri memilih UAD sebagai tujuan pendidikan. Pada tahun 2018 pemeringkatan nasional menurut KEMRESDIKTI UAD berada pada peringkat 11. Lalu, pada tahun 2018 juga UAD menjadi PTS terbaik di Indonesia.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar