follow us

Tips Resolusi Untuk Pelajar/Mahasiswa di Tahun Baru Hijriyah

Pilihan Pembaca

Tips Resolusi Untuk Pelajar/Mahasiswa di Tahun Baru Hijriyah


Tips Resolusi Untuk Pelajar/Mahasiswa di Tahun Baru Hijriyah - Kehidupan ini sebuah perjalanan yang  akan terus berjalan hingga sampai tujuan. Manusia layaknya musafir yang berkelana mencari jati diri. Mereka akan melalui perjalanan detik demi detik yang berganti menit lalu berganti jam, hari, minggu, bulan bahkan tahun. Apa yang kita rasakan seiring berjalannya waktu ?. Kebahagian atau justru kesedihan ?

Selama ini manusia sering bersuka cita menyambut tahun baru, padahal jatah hidup kita semakin berkurang. Lantas pernah terbesit tidak apa yang sudah kita lakukan selama ini ?. Ini bukan soal berapa lama kita hidup, tetapi untuk apa hidup kita selama ini. 

Kita pasti sering membuat resolusi di tahun baru masehi, namun ada yang melupakan resolusi tahun baru hijriyah. Padahal tahun baru hijriyah merupakan momentum yang paling baik untuk intropeksi diri atas perbuatan yang dilakukan selama setahun lalu. Coba kita merenungi sebagai aktor atau aktris di panggung sandiwara yang memerankan skenario dari Allah سبحانه و تعالى, apakah kita memilih menjadi protagonis atau bahkan antagonis ?

Layaknya sutradara, Allah سبحانه و تعالى akan memberikan peran itu sesuai kemampuan pemeran. Jika kita tidak bisa berbuat baik, jangan salahkan sutradara jika menjadikan pemeran penjahat. Ikhtiarnya untuk menjadi pemeran hidup yang baik adalah berusaha mempelajari dan menjalankan kebaikan tersebut. 

Kembali lagi pada topik awal tentang tahun baru hijriyah. Lembaran kertas demi kertas sudah tercatat nilai tinta merah atau hitam yang akan menjadi raport amalan tahunan. Layaknya anak sekolah, jika banyak angka merah berarti bisa dinyatakan tidak naik kelas. Begitu juga kita sebagai manusia berarti proses hidup selama setahun tidak mengangkat untuk naik level dari berbagai segi kehidupan. Lantas apa yang bisa kita lakukan ?. Boleh menyesal di akhir, tapi jangan hanya berpangku tangan. Ayo bergerak dan hijrah.  Dalam Q.S. Al-Baqarah: 218  kita sudah diperintahkan untuk hijrah yang artinya "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Makna hijrah ada dua berdasarkan jenisnya, yaitu hijrah makaniyah dan hijrah maknawiyah. Adapun hijrah makaniyah adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang dicontohkan oleh Rasullulah dan sahabatnya yang pindah dari kota Mekkah ke Madinah, serta peristiwa Isra' Mi'raj juga termasuk perpindahan 

Rasululullah  dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu dari Allah سبحانه و تعالى. Sedangkan arti hijrah maknawiyah adalah mengubah diri untuk meraih rahmat dan keridhaan Allah سبحانه و تعالى. Jadi, hijrah harus memenuhi dua syarat yaitu sesuatu yang ditinggalkan dan sesuatu yang ditujunya (tujuan). 

Tahun baru hijriyah kali ini sobat shalaazz bisa membuat resolusi hijrah. Mengapa demikian ?. Jika merasa belum optimal melaksanakan resolusi tahun kemarin, jadi resolusi itu adalah sebuah keputusan untuk mencapai tujuan. Tidak selamanya resolusi harus dimulai dari 0, bisa melanjutkan resolusi kemarin yang belum tercapai. Jika kita punya resolusi maka sikap dan perbuatan akan lebih terarah dan jelas karena mempunyai pegangan hidup. 

Inilah Tips 5 Resolusi Pelajar di tahun baru hijriyah: 


1. Hijrah Maknawiyah (pindah dari satu tempat ke tempat lain).

Mulai berencana mengikuti Student Exchange Program atau Short Course di negara lain atau kampus lain untuk belajar atau mengikuti pelatihan.

2. Hijriyah I'tiqadiyah (keyakinan).

Memantapkan keyakinan benar yang dimiliki serta membuang keyakinan yang tidak rasional. Mulailah mencari guru spiritual atau lainnya. 

3. Hijrah Fikriyah (pemikiran)

Menggunakan pemikiran baik sesuai disiplin ilmu atau tidak untuk memecahkan permasalahan. Hal ini melalui banyak membaca dan diskusi.

4. Hijrah Syu'uriyyah (Penampilan)

Merubah penampilan dari yang tidak rapi menjadi rapi, tunjukkan sisi terbaik diri agar orang lain tertarik untuk berinteraksi.

5. Hijrah  Sulukiyyah (Tingkah Laku/Kepribadian).

Merubah tingkah laku yang tidak baik menjadi baik dan menghilangkan kepribadian baper untuk mayoritas kalangan pelajar. 

Begitulah kira-kira resolusi yang bisa diterapkan sobat pelajar di tahun hijriyah ini. Mari membuat resolusi lain juga untuk kehidupan yang lebih baik. Berani berbuat resolusi, maka berani bertanggung jawab mewujudkan. Resolusi bukan hanya tulisan impian di kertas yang dipajang di dinding kamar atau lainnya, tapi sebagai alarm pengingat diri akan target yang akan kita capai. Semangat terus hijrah di Jalan Allah سبحانه و تعالى.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar