follow us

[TIPS] Bagaimana Cara Kuliah di Universitas Al-Azhar?

Pilihan Pembaca


[TIPS] Bagaimana Cara Kuliah di Universitas Al-Azhar?


[TIPS] Bagaimana Cara Kuliah di Universitas Al-Azhar? - Shalaazz- Terkadang yang sudah lulus kuliah terasa bingung harus kemana? Mungkin sobat Shalaazz merasa tidak memiliki informasi yang cukup untuk melanjutkan kuliah S2. Nah, tenang disini ada informasi mengenai gambaran yang pernah kuliah di Universitas Al-Azhar. Simak informasinya di bawah ini ya.

Universitas Al-Azhar yang terletak di Kairo, Mesir dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua di dunia dan sebagai universitas agama paling penting di dunia Islam. Peradaban islam terbilang lebih maju dibandingkan peradaban barat. Kehadiran Al- Azhar terbukti sangat berperan terhadap kemajuan peradaban islam, karena lembaga pendidikan tinggi bangsa barat baru didirikan sekitar 2 abad setelah Sejarah Berdirinya Al-Azhar.

Beralih ke sistem di Al-Azhar sangatlah unik dan berbeda dengan yang lainnya. Kebanyakan universitas sekarang telah memberlakukan sistem yang modern dan canggih untuk memonitor pelajarnya, tetapi Al-Azhar tetap memilih menggunakan sistem klasik mereka. Karena itu salah satu ciri khusus dari universitas Al-Azhar yang wajib untuk dipertahankan. Al-Azhar sendiri memberlakukan sistem pelajaran dengan jenjang 4 tahun, tidak adanya absensi di kelas-kelas, dan mahasiswa bebas memilih pelajaran dan guru yang ingin dituju. Sekilas, sistem seperti itu memang terlihat tidak kondusif dan rancu, tetapi ada beberapa makna dan maksud dibalik sistem yang telah diterapkan itu. Bahasa yang digunakan di dalam ruangan ialah bahasa arab resmi fusha kalau lingkungan masyarakat biasa menggunakan bahasa arab amiyah.

Al-Azhar juga menggunakan sistem sanad (riwayat) dimana para murid bertatap muka dengan guru untuk menuntut ilmunya dan para murid tentunya akan diuji juga seberapa jauh ia menguasai ilmu yang diberikan. Selain menimba ilmu di kelas, para murid juga dihimbau untuk menimba ilmu melalui halaqah-halaqah di masjid Al-Azhar. Selain itu, Al-Azhar juga memiliki ruang kelas yang sederhana dengan menggunakan meja dan bangku panjang yang biasanya diduduki oleh 5 – 7 orang. Hal inilah yang mengajarkan murid-muridnya untuk bersifat sederhana. Nahhh itu seputar pendidikan di Al-Azhar.

Untuk sistem ujian di Al-Azhar, universitas ini menggunakan sistem paket, dimana nilai mata kuliah yang diujikan pada saat semester genap dan ganjil disatukan. Bagi murid yang gagal dalam lebih dari 2 pelajaran, maka akan diulang kembali selama setahun. Sedangkan murid yang hanya gagal dalam 1 atau 2 pelajaran, tetap dinyatakan lulus dengan ujian ulang mata pelajaran tersebut saja. Meskipun, Al-Azhar terlihat memiliki sistem ujian dan penilaian yang ketat, universitas ini tetap ingin mengajarkan kesungguhan dan keseriusan dalam menimba ilmu pada murid"nya.

Perasaan ketika menimba ilmu di Al-Azhar itu enak dan gampang-gampang susah. Dapat menikmati hal-hal yang ada di negeri seribu menara. Misalnya, peninggalan salahuddin al ayyubi.

Langkah Menuju Universitas Al Azhar Kairo Mesir

Yang pertama adalah Luruskan niat. Menuntut ilmu di universitas Al Azhar bukanlah hal yang mainstream, maka dari itu perlu adanya niat yang baik, Karena akan sia-sia kuliah jauh jauh akan tetapi dengan tujuan yang tidak baik,itu hanya akan menghabiskan waktumu,dan tidak akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Yang kedua adalah ridho dari orang tua dan guru. Karena hal ini berpengaruh besar dalam kelancaran dalam perjalanan yang akan di tempuh. Sedikit menengok kebelakang, banyak orang orang cerdas akan tetapi sirna begitu saja tanpa manfaat karena tidak di ridhoi oleh orang tua ataupun guru. 

Yang ke tiga adalah pelajari soal-soal yang 5 tahun sebelumnya. 

Yang keempat adalah perhatikan aspek penilaian pada seleksi ini adalah : Tes Tertulis 75%,sedangkan Tes Lisan hanya 25%,tes lisan sendiri pun bukan hanya hafalan Al-Qur’an saja, ada juga muhadatsah dan fahmil maqru. Maka dari itu perlu kejelian menentukan mana yang harus di prioritaskan. 

Berikut ini sedikit gambaran aspek penilaian seleksi timur tengah tahun 2018. Kalau tes hafalan, biasanya hanya minimal 2 juz untk S1 dan S2 minimal 7 juz, S3 15 juz

Terakhir, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Sebab segala sesuatu itu keputusannya ada pada kehendak Alloh. Yakinlah kekuatan doa dapat merubah segalanya



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar