follow us

5 Cara Menjadi Pendidik Yang Kreatif Di Era Milenial

Pilihan Pembaca

5 cara Menjadi Pendidik Yang  Kreatif Di Era Milenial



5 cara Menjadi Pendidik Yang  Kreatif Di Era Milenial - Pendidik adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan (UU No. 20 tahun 2003 psl 1, BAB 1). Pendidik juga sebagai tenaga yang bertugas merencanakan dan melaksanakan administrasi, pengelolahan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan (UU No.20 THN 2003, PSL 39 (1)). Pendidik juga dituntut untuk menjadi pendidik profesional yang berarti kemampuan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pokok seorang pendidik dan pengajar. 

Tugas-tugas pokok tersebut tertuang dalam Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) Nomor 14 Tahun 2005 disebutkan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama  mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevalusi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah.

Apalagi diera milenial sekarang pendidik juga harus lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran. Pengelolahan pembelajaran juga tak bisa dilakukan secara sembarangan. Pengelolahan tersebut perlu dilakukan sesuai dengan aturan agar ada keterkaitan dengan peraturan perundang-undangan tersebut. Menjadi pendidik yang kreatif tidaklah mudah, pendidik harus mengikuti berbagai kegiatan seminar terkait pembelajaranyang diharapkan dari kegiatan tersebut pendidik dapat mengembangkan ide-ide baru. 

Sedangkan pendidik kreatif adalah pendidik yang dapat mengembangkan dan membuat ide-ide baru serta gagasan-gasan baru untuk memajukan pendidikan. Sebagai pendidik juga perlu memperhatikan dan memahami kebutuhan generasi milenial agar dalam pemberian pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Berikut 5 cara yang dapat diterapkan sebagai guru kreatif untuk generasi milenial:

  1. Membuat inovasi media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar. Media tersebut akan diterapkan setiap pembelajaran berlangsung.
  2. Menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
  3. Menyisipkan ice breaking disela-sela pembelajaran. Hal tersebut dilakukan agar siswa tidak mudah jenuh dan menumbuhakan semangat siswa kemabali.
  4. Menyajikan materi secara menarik, penyajian materi dapat menggunakan media interaktif berupa media audiovisual atau visual.
  5. Menngunakan taktik atau cara menarik perhatian siswa dengan strategi pembelajaran yang menarik.


Itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk menjadi Pendidik yang  kreatif diera milenial. Namun perlu diperhatikan pula dalam penyusunannya sehingga dapat diaplikasikan dengan baik.





SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar