follow us

KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT

Pilihan Pembaca

KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT


KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT - Istilah introvert mungkin menjadi salah satu istilah yang jarang terdengar ditelinga kita. Adapun jika kita pernah mendengarnya, mungkin itu hanya sekedar istilah yang sekedar lewat ditelinga. Lalu apa sebenarnya introvert itu?

Introvert merupakan istilah dalam kamus psikologi untuk menggambarkan salah satu tipe kepribadian seseorang. Sebenarnya tidak hanya manusia sih, hewanpun bisa memiliki kepribadian introvert. Namun fokus bahasan kita buka pada hewan ya…

Introvert dalam kamus psikologi diartikan sebagai suatu kecenderungan sikap seseorang dalam memaknai lingkungannya dengan berorientasi pada dirinya sendiri, Dalam arti lain, seorang introvert lebih senang menjalani kesehariannya dengan aktivitas yang dilakukannya sendiri.

Untuk lebih dekat dalam mengenal seorang introvert, berikut ciri-ciri umum yang dimilikinya:

  • Suka menyendiri dan pendiam.
  • Tidak menyukai basa basi
  • Lebih menyukai hang out dengan jumlah orang yang sedikit
  • Banyak berpikir sebelum bicara
  • Selektif dalam bergaul
  • Peka terhadap lingkungannya
  • Suka menulis
  • Tertawa seadanya
  • Konsisten jika berteman
  • Tidak nyaman berlama-lama ditempat yang ramai


Itulah beberapa ciri umum yang dimiliki oleh seorang introvert. Apakah kamu seorang introvert? silahkan dijawab berdasarkan ciri-ciri diatas ya.

Nah, lalu bagaimana sih gaya belajar yang dimiliki oleh seorang introvert?

1.  Seorang introvert tidak menyukai metode belajar kelompok.


KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT


Bagi seorang introvert, keramaian adalah pemicu utama stress bagi dirinya. mungkin bagi sebagian orang, suasana belajar kelompok adalah sesuatu yang menyenangkan. tapi tidak untuk seorang introvert. Seorang introvert lebih menyukai belajar dengan metode diskusi individual.

2. Menyukai suasana belajar tengah malam.

KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT

Malam mungkin mungkin menjadi waktu terbaik untuk istirahat bagi  setiap orang. Namun khusus bagi seorang iontrovert, malam adalah waktu terbaik untuk belajar. Seorang introvert merasa bahwa keheningan suasana malam bisa memudahkan ia dalam memahami apa yang dipelajarinya. Jadi jangan heran ya jika melihat seorang introvert terlihat tidur dikelas pada siang hari atau mungkin terlihat sering menguap. Nah, salah satu penyebabnya yaitu karena ia lebih senang dengan aktivitas tengah malam.

3. Malu untuk bertanya lansung perihal yang tidak diketahuinya.

KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT

Akan sangat mudah mengetahui mimik wajah seorang introvert ketika tidak mengetahui sesuatu hal. mereka cenderung terlihat bingung namun ketika ditanya perihal apa yang tidak diketahuinya, mereka lebih memilih menyembunyikannya. Mereka merasa malu untuk menyampaikna itu dan lebih memilih untuk mencari tahu sendiri atau mengajak diskusi lansung seseorang yang dianggapnya sangat dekat.

4.  Tidak suka mencontek dan copy paste

KENALI GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT

Nah, ini mungkin sesuatu yang terlihat wow dari seorang introvert. Seorang introvert sangat percaya terhadap apa yang ada didalam dirinya. mencontek dan copy paste bukanlah bagian dari prinsip hidupnya. Seorang introvert tergolong pekerja keras dalam mencari sesuatu hal baru dan hal yang tidak diketahuinya. Oleh karena itu, jangan heran jika disaat ujian seorang introvert lebih terlihat tenang dan diam dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Itulah sebagian dari GAYA BELAJAR YANG PAS SEORANG INTROVERT. Apakah kamu seorang yang introvert?





SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar