follow us

Membongkar Rahasia Tips Sukses Karir

Pilihan Pembaca

Keragaman Karir Ciri Orang Sukses


Membongkar Rahasia Tips Sukses Karir - Salam sobat shalaazz. Bagaimana kabar dan status kalian ?. Saya tidak akan membahas status percintaan, namun pekerjaan. Tiap tahun, bahkan tiap bulan atau hari telah dilahirkan seorang intelektual dari masing-masing Perguruan Tinggi. Biasanya kita sering menyebutnya Fresh Graduate. Banyak yang menyambut lulusan baru dengan "Welcome To the Jungle". Maksud dari ucapan itu adalah selamat memasuki dunia nyata. Dimulai dari fase inilah, para lulusan baru siap menentukan jati dirinya. Ada yang memilih untuk bekerja agar bisa mengaplikasikan ilmunya, bahkan ada yang memilih lanjut studi. 

Kembali pada bahasan topik tentang karir, banyak yang bingung dalam menentukannya. Permasalahan saat ini masih banyak lulusan baru yang bingung menentukan karirnya antara bekerja sesuai dengan jurusan atau berbeda. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pilihan karir, hal itu tergantung minat dan tujuan prospek ke depannya. Saya pernah ikut talkshow alumni di fakultas, narasumbernya adalah orang-orang terhebat lulusan pertanian. Namun, tidak disangka bahwa karir mereka beragam. Ada yang bekerja di Dinas Pertanian, perbankan, pertambangan, bahkan properti.

Perlu sobat Shalaazz ketahui mereka tidak hanya memiliki satu pekerjaan. Mereka beranggapan bahwa ada satu pekerjaan yang benar-benar memposisikan dirinya bekerja dan lainnya menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Jangan khawarir untuk para lulusan baru yang belum mendapat kerjaan, tidak sedikit perusahaan yang mensyaratkan karyawannya sudah memiliki pengalaman 1-2 tahun di bidangnya. Bagi kalian yang belum berpengalaman, bisa menciptakan sendiri pengalaman itu dengan berkolaborasi mewujudkan apa yang diinginkan.

Jika sobat Shalaazz menjadi akademisi tidak menutup kemungkinan bisa menjadi praktisi juga, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, Alm. Prof. B.Jm Habibie menyampaikan pesan kepada pemuda untuk menguasai atau ahli di bidang satu disiplin ilmu namun harus belajar yang lain juga sebagai pelengkap tujuan. Orang yang expert pasti akan selalu dibutuhkan, daripada orang yang sekedar bisa namun tidak bisa memecahkan masalah (problem solver). 


Tips-tips orang yang sukses pada karirnya antara lain:

1. Berfikir dari dalam ke luar (mengeksplor diri apa yang bisa diberikan pada orang luar). 

Menciptakan lapangan pekerjaan adalah hal yang bisa dilakukan.

2. Mempunyai target

Menentukan target naik jabatan lebih cepat untuk menyemangati diri dan bekerja sesuai hati.

3. Berani mengambil resiko/Keluar dari zona nyaman

Jika memang ada yang lebih baik diantara yang baik, silahkan pilih itu. Ada kisah inspirasi dari seorang alumni Fakultas Pertanian yang bekerja sebagai PNS di Dinas Pertanian Provinsi , lalu memilih untuk resign dan berbisnis properti yang penghasilannya saat ini melebihi gaji sebelumnya. Beliau berani mengambil resiko tidak mendapat jatah pensiunan do hari tua, namun sudah menabung sejak awal untuk masa tuanya. Jadi tidak perlu bergantung pada uang pensiun.

Ingat bahwa menjadi orang sukses itu tidak dicapai dengan cara nyaman, harus keluar dari zona nyaman. Ada sebuah quotes dari seorang motivator kelas dunia bahwa "Orang sukses hanya orang yang memiliki kebiasaan sukses" (Brian Tracy).  Ketiga ciri diatas adalah kebiasaan orang sukses. Mari menjadikan diri sukses dan mensukseskan orang lain.

Demikian sekilas keragaman karir di dunia kerja, semoga menginspirasi sobat Shalaazz.



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar