follow us

RUMAH BELAJAR (Learning Place) DARI KEMENDIKBUD

Pilihan Pembaca

RUMAH BELAJAR (Learning Place) DARI KEMENDIKBUD


RUMAH BELAJAR (Learning Place) DARI KEMENDIKBUD - Proses belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ternyata, belajar tidak harus berada di dalam ruang kelas loh! Seiring berkembangnya riset dan teknologi yang semakin canggih, media belajar semakin maju dan berkembang pula. Tidak seperti zaman dulu, di mana media belajar hanya terpaku pada buku-buku tulis, paket, LKS, dan lain sebagainya.

Kini, Kemendikbud mengeluarkan inovasi baru yaitu media belajar elektronik bernama Rumah Belajar (Learning Place). Sebenarnya, Rumah Belajar ini adalah hasil dari pengembangan portal yang diluncurkan sebelumnya pada 15 Juli 2011 lalu.

Rumah Belajar ini berguna untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan berbasis teknologi. Di mana berisi konten bahan belajar yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan yaitu PAUD sampai SMA/SMK. Tidak hanya peserta didik saja, namun tenaga Pendidik juga bisa memanfaatkan media belajar ini sebagai sumber bahan untuk pengajaran.

Yuk kita korek lebih dalam lagi mengenai media belajar "Rumah Belajar" dari Kemendikbud ini. Langkah awal login kita bisa mengaksesnya di https://belajar.kemdikbud.go.id 

Pada menu fitur utama Rumah Belajar ini menyediakan 8 konten, yaitu :

1. Sumber Belajar
Berisi materi-materi berbagai mata pelajaran seperti matematika, biologi, fisika, kewarganegaraan, dan lain-lain.

2. Buku Sekolah Elektronik
Berisi buku-buku teks pelajaran elektronik yang bisa diakses secara online.

3. Bank Soal
Berisi kumpulan soal-soal latihan atau ujian yang dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan peserta didik.

4. Laboratorium Maya
Dapat dimanfaatkan oleh pendidik maupun peserta didik untuk melakukan percobaan laboratorium secara virtual/maya serta fitur ini menyediakan simulasi percobaan di laboratorium secara online.

5. Peta Budaya
Fitur ini menyediakan berbagai macam pelajaran materi atau informasi berkaitan dengan kebudayaan di seluruh Indonesia, agar peserta didik lebih mudah mempelajari ragam adat dan istiadat di Indonesia.

6. Wahana Jelajah Angkasa
Menyediakan materi atau informasi mengenai benda-benda angkasa.

7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Menyediakan SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan berbasis TIK) yaitu fitur yang menyediakan pelatihan/workshop secara online. 

8. Kelas Maya
Menyediakan kelas bagi pendidik dan peserta didik untuk melakukan kegiatan e-learning atau pembelajaran yang bisa dilakukan di mana saja secara online baik pada saat jam sekolah atau pun di luar jam sekolah sesuai dengan kesepakatan antara pendidik dan peserta didik (asalkan antara pendidik/guru dan peserta didik/murid memilki akses internet dengan menggunakan media laptop/komputer/notebook.

Adapun menu fitur pendukung menyediakan 3 konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, Karya Bahasa dan Sastra. Dengan fitur ini para pendidik/guru bisa menggugah karyanya dan mempunyai kesempatan untuk berbagi karya dengan yang lain.

Selain itu, Ruang Belajar ini menyediakan media pembelajaran yang efektif dengan dilengkapi gambar, video, simulasi, animasi, serta kumpulan buku-buku digital.Nah, berbagai fitur tersebut diharapkan dapat menjadi sumber media belajar yang komprehensif.

Sejauh ini, Rumah Belajar menjadi menjadi media belajar yang telah banyak digunakan oleh para tenaga pendidik karena mempermudah mendapatkan materi-materi pelajaran yang dapat mendukung materi pelajaran di sekolah. Dan juga peserta didik merasa lebih bersemangat dengan mengunduh materi pelajaran berbasis internet. Sehingga, proses pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah di mana saja dan kapan saja. 




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar