follow us

Pelesir Pendidikan; Mengenal Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Gethuk (Magelang)

Pilihan Pembaca

Pelesir Pendidikan; Mengenal Perguruan TinggAi Negeri Di Kota Gethuk (Magelang)

Pelesir Pendidikan; Mengenal Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Gethuk - Kota Gethuk sebuah identitas kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan keramahan warganya, suasana yang sejuk, dan pariwisatanya. Yap, Magelang itulah namanya. Sebuah kota yang berada di antara Yogyakarta dan Semarang. Letaknya yang berada di tengah-tengah tersebut menjadikan Magelang sebuah kota yang strategis dan singgasana

Kali ini akan mengulik sedikit mengenai perguruan tinggi negeri di Kota Magelang. Kota Magelang memiliki PTN sejak 2014 yang lalu. Namun kualitas PTN tersebut  bisa dikatakan cukup bersaing dengan PTN yang lain.                 Adakah yang tahu PTN yang dibahas dalam artikel ini? Daripada menjadi teka-teki, lebih baik mari kita ulas bersama.

Universitas Tidar atau yang kerap dikenal dengan akronim UNTIDAR. Letaknya berada di Jalan Kapten Suparman No 39, Tuguran, Potrobangsan, Magelang. Dulunya perguruan tinggi yang berdiri pada tanggal 17 Juli 1979 ini adalah perguruan tinggi swasta. Namun pada 1 April 2014 sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 Universitas Tidar resmi menyandang status perguruan tinggi negeri. Meskipun kini telah menyandang status PTN, Universitas Tidar tetap mempertahankan dan mengembangkan inovasi mahasiswanya untuk kemakmuran kearifan lokal Kota Magelang.

UNTIDAR memiliki tujuh fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dengan total prodi sekitar 13 prodi dari semua fakultas.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 melalui jalur SBMPTN Universitas Tidar menjadi perguruan tinggi dengan rasio keketatan nomer 5 tertinggi di Indonesia pada pilihan saintek, sedangkan pada soshum peserta lebih dari 1500 dengan total peminat Universitas Tidar sekitar 13.460 peserta. 

Peminat Untidar datang bukan hanya dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan sekitarnya saja, melainkan juga dari beberapa daerah seperti Solo, Surabaya, Klaten, Kendal, Semarang, Ciamis, Purwokerto, Kebumen, Tasikmalaya dan seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menunjukkan peminat UNTIDAR naik sekitar 25% dari tahun sebelumnya pada jalur SBMPTN.

Dari data tersebut menjadi sebuah bukti bahwa kualitas UNTIDAR mengalami peningkatan sehingga banyak calon mahasiswa memilih PTN ini. Selain itu, daya tariknya ada pada Magelang yang sejuk dan sangat nyaman sebagai tempat belajar, serta kampus ini sudah berakreditasi B dari BAN-PT.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar