follow us

Opini: Kemerdekaan Bukan Sekadar Perayaan

Pilihan Pembaca



Merdeka bukan kata yang digembor-gemborkan sebagai kebebasan dari penjajah semata. Melainkan kata merdeka ialah langkah para pejuang untuk meraih kemenangan. Kemenangan dalam hal apa? Kemenangan yang dalam arti bebas untuk memajukan daerahnya bukan membodohi masyarakatnya dengan tipu-tipu yang merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.


Kemerdekaan sebuah momentum berharga untuk diraih di masa sekarang hingga mendatang. Namun, apakah cukup kemerdekaan sebatas bebas dari penjajah? Apakah cukup kemerdekaan hanya sebatas hari perayaan untuk mengenang para pejuang?

Kemerdekaan kini patut dipertanyakan. Peringatan kemerdekaan hanya sebatas simbol pengenang saja. Makna kemerdekaan semakin kabur dan tidak memiliki ruh kepemilikan nasionalisme kebangsaan hingga ke akar-akarnya. Makna kemerdekaan semakin penting untuk dilaksanakan karena di tengah konstelasi politik kebangsaan yang diwarnai dengan maraknya kasus-kasus yang memudarkan nilai-nilai kebangsaan, dan harga diri negara di mata dunia masih belum taraf ditakutkan oleh banyak negara. Sejatinya harga diri negara di mata dunia ialah senjata ampuh agar negara-negara lain segan kepada negara ini untuk tidak mempermainkan kondisi nasional negara.

Kemerdekaan sudah dibuktikan dengan penjajah telah keluar dari negeri ini. Nyatanya, negara belum dikatakan merdeka kalau perekonomian masih mengandalkan pinjaman kepada negara lain, perusahaan-perusahaan masih di tangan orang asing, pembangunan, pendidikan, dan seluruh pendanaan masih di tangan orang asing. Sejatinya, negara masih dibelenggu dengan kekuatan ekonomi orang asing. Sehingga, negara mau maju saja harus membayar bunga dibandingkan hutangnya terlebih dahulu.

Kemerdekaan harus dikelola dengan manajemen yang profesional oleh tenaga-tenaga yang  berdedikasi tinggi, mau berkorban dan ikhlas beramal. Demi menyembuhkan kerawanan yang ada pada generasi muda kini dalam hal moral dan etika. Tentu saja dengan membabat habis seluruh mental para generasi agar mau mandiri, percaya diri, dan memperbaiki diri agar indonesia bisa berdiri di tanah sendiri.


Kemerdekaan itu ialah banyaknya generasi muda dan remaja yang tahu akan jati diri, kokoh iman dan ilmu. Hal yang terakhir ini meningkatkan perkembangan batas antara kota dan desa. Bukan telah terkontaminasi dengan kebebasan yang tak kenal batas.

Mungkin sekilas kata merdeka untuk kemerdekaan yang sering diperingati. Alangkah baiknya kemerdekaan bukanlah ajang perlombaan semata melainkan meneruskan perjuangan untuk menjadikan tanah negeri ini bisa mandiri di tanah sendiri. Layaknya kata-kata Bung Karno Indonesia yang berdaulat secara politik, Indonesia yang mandiri secara ekonomi dan Indonesia yang berkepribadian secara sosial budaya. Semoga bisa direalisasikan dalam kehidupan nyata.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar