follow us

Fakta Sebenarnya KKN dalam dunia perkuliahan

Pilihan Pembaca


Fakta Sebenarnya KKN dalam dunia perkuliahan

Fakta Sebenarnya KKN dalam dunia perkuliahan - Ada yang tahu tentang KKN? Inilah penjelasan mengenai KKN selama dunia perkuliahan. Simak jawabannya di bawah ini ya!
KKN ialah Kuliah Kerja Nyata yang diajukan oleh Mahasiswa sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian yang dilakukan bermacam-macam tergantung dengan peraturan, arahan dan tujuan yang akan dibawanya.

Beberapa permasalahan selama melakukan kegiatan KKN ini ialah menuju kebersamaan untuk memehami setiap orang dalam timnya. Dimana menyatukan tujuan dalam satu frame. Jangan membiarkan tujuan itu berbeda-beda hingga akan terjadi konflik ketika melakukan KKN tersebut. Langkah yang berat menuju KKN ialah mengalahkan rasa ego, memberanikan diri dan tanggung jawab, untuk meraih kebersamaan.

Nah, kebersamaan inilah yang harus dijaga setiap saat. Pastinya ada banyak karakter yang mendominasi, karakter yang mencairkan suasana, karakter yang dengan pemikir analitis yang tinggi, karakter yang memimpin dan lainnya ini akan saling melengkapi ketika melakukan KKN. Maka, sebelum KKN alangkah baiknya mengenal satu sama lain dam mentolelir setiap keadaan yang terkadang memicu trouble-trouble yang muncul baik itu basis dalam internal maupun eksternal.

Gambaran KKN seperti apa? Gambaran KKN tergantung dengan dirimu mendeskripsikan keadaannya. Terkadang apa yang dideskripsikan tidak sesuai dengan keadaan. Nah, disitu dirimu mengolah keadaan yang tak mengenakan menjadi menyenangkan. Bisa dikatakan sans saja namun dengan semangat, ikhlas, dan totalitas yang kuat serta tinggilah yang akan membawa KKN dirimu jauh lebih menyenangkan dari apa yang dikatakan kating terdahulu.

Berapa lama KKNnya? KKN biasa tergantung dosen ada yang sekali, ada yang tiap minggu, ada yang tiga minggu, ada yang sebulan. Biasanya kalau KKN versi biasa ini mengikuti jurusan yang dicapai oleh Dosen Pendamping Lapangannya. Kalau misalnya kesehatan berarti penelitiannya juga tentang kesehatan lagi. Nah, KKN kali ini ialah KKN Tematik Kewirausahaan yang diujicobakan di Universitas Padjadjaran selama dua minggu di desa home stay bersama teman sekelompok menuju produk unggulan untuk mengembangkan potensi-potensi ekonomi di desa dengan meningkatkan wirausahawan muda maupun ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan.

Perbedaan KKN biasa dan KKN yang Tematik Kewirausahaan ini ialah
Pertama, Konsep KKN ini dibersamai dengan mitra-mitra yang mendukung yakni USAID, OORANGE, UNPAD, SUMEDANG, KEMENRISTEKDIKTI, serta DITJEN BELMAWA. Disertai dengan konsep design thinking yang disediakan untuk memahami keadaan diri sendiri, kebersamaan dalam tim, dan keadaan masyarakat.

Kedua, KKN yang dilakukan sebelum terjun ke lapangan ialah TOT atau disebut dengan Training Of Trainer. Mahasiswa diberikan pelatihan dan pembekalan terlebih dahulu sebelum masuk ke area Desa. Agar Mahasiswa dapat memunculkan ide-ide brilian untuk setiap desanya.

Ketiga, berikan Source Of Energy untuk Tim KKN dirimu agar ketika lelah melakukan KKN bisa mencharge mimpi-mimpi yang ingin digapai bersama dan memberikan kenangan berharga baik untuk diri sendiri, bersama kelompok, maupun masyarakat.

Mungkin itulah tentang penjelasan KKN yang dialami selama dunia perkuliahan. Semoga bisa bermanfaat untuk terus menebar kebaikan dimanapun dirimu berada. Baik itu lisan, tulisan maupun pekerjaan apapun.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar