follow us

Biaya Tempat Tinggal Untuk Mahasiswa Baru Yogyakarta

Pilihan Pembaca


Biaya Tempat Tinggal Untuk Mahasiswa Baru Yogyakarta


Biaya Tempat Tinggal Untuk Mahasiswa Baru Yogyakarta - Salam Sobat Shalaazz. - Tidak terasa sudah memasuki ajaran tahun baru ya, bagaimana kabar sobat shalaazz ?. Semoga semakin baik di ajaran tahun baru ini. Selamat buat semua mahasiswa baru yang sudah diterima di tempat impiannya masing-masing. Bagi yang belum diterima jangan bersedih, masih banyak jalan lain meraih impian. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak kalah bagus dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Jadi, segera lakukan aksi tanpa berfikir panjang lagi untuk meraih impian sobat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa baru yang perantau, terutama tempat tinggal. Banyak sekali jenis tempat tinggal yang menjadi pilihan, tergantung kebutuhan sobat. Pastinya bagi mahasiswa yang masih single dengan mahasiswa yang sudah berkeluarga membutuhkan tempat tinggal yang berbeda. Saya sendiri sedang mencari tempat tinggal di Yogyakarta untuk melanjutkan studi di ajaran tahun ini. Berdasarkan survey lapangan, berikut penjelasan jenis dan perbedaan tempat tinggal di Yogyakarta.

1. Kost

Kamar ukuran yang bervariasi (mulai 2,5x2,5 m, 3mx4m dan lainnya). Luasnya kamar mempengaruhi besar kecilnya jumlah bayarannya. Biasanya hanya dihuni oleh satu orang, tetapi ada yang bisa dihuni untuk dua orang dengan biaya kost lebih mahal namun hemat pengeluaran karena dibagi oleh dua orang. Hal ini tergantung pribadi seseorang, lebih senang hidup sendiri agar privasi terjaga atau butuh teman.

Fasilitas di kost bermacam-macam tergantung pemilik kost. Semakin luas kamarnya dan lengkap fasilitasnya maka semakin mahal pula biayanya . Ada kamar mandi yang di dalam atau di luar, begitu juga harga listrik ada yang langsung dihitung bulanan dan per item alat elektronik yang menggunakan listrik. Kalau untuk dapur biasanya menggunakan dapur bersama. Masih ada yang bayar uang kebersihan juga tiap bulannya.

Kisaran harga kost putri/putra di Yogyakarta mulai dari 450 ribu-1 juta/bulan. Biaya kost bisa dibayar tiap bulan, 3 bulan, 6 bulan atau setahun langsung di awal. Hal ini tergantung pemilik kost. Keunggulan kost adalah kebanyakan dijaga oleh pemiliknya, jadi lebih aman. Kost ini cocok untuk yang single atau ada yang menyediakan kost pasutri (pasangan suami istri).

2. Asrama

Tiap kampus biasanya menyediakan asrama untuk mahasiswa dari luar kota. Biayanya tergantung ketentuan kampus masing-masing, bisa dilihat langsung informasi di websitenya. Kalau tinggal di asrama, dalam 1 kamar terdapat banyak teman dan asrama dibangun seperti rumah susun yang terdiri dari beber

3. Kontrakan

Bagi mahasiswa yang sudah berkeluarga, kontrakan adalah pilihan yang tepat sebagai tempat tinggal. Alasannya adalah lebih bebas seperti tinggal di rumah sendiri. Kalian tidak akan tinggal dengan pemilik kontrakan. Kamar tidurnya juga bisa lebih dari satu dilengkapi dengan ruang tamu, kamar mandi dan dapur yang tidak perlu berbagi dengan lain kalau mengontrak sendiri. Kisaran biayanya tergantung jenis kontrakannya, ada yang rumah dikontrakkan secara kosongan tanpa perabotan. Ada juga yang sudah lengkap disediakan fasilitasnya. Kalau yang kontrak rumah kosongan di Yogyakarta kisaran 4,5 juta/tahun. Kalau kontrak yang letaknya strategis dekat kampus dan dimulai dari kisaran 9 juta-25 juta. Bayarnya biasanya langsung per tahun di awal.

Sobat juga perlu tau ada kontrakan shaleh dan sholehah. Biasanya ini lebih diprioritaskan untuk mahasiswa baru yang ingin meningkatkan amalan ibadah juga. Jadi ada kegiatan kerohanian, seperti kajian dan jadwal ibadah sunnah lainnya. Kisaran biayanya biasanya lebih murah daripada kost biasa. Ada yang bayar bulanan atau tahunan.

4. Paviliun

Unit rumah kecil yang bangunannya berbeda dengan bangunan rumah utama, namun masih dalam satu wilayah. Kamar mandi dan dapur menyatu dengan kamar menjadi satu bagian, ukurannya tidak seluas kontrakan namun lebih besar daripada kost. Harganya mirip dengan kost mewah, mulai dari 750 ribu-1 jutaan/bulan.

Demikian informasi yang saya dapatkan, jika ingin tau lebih jelas bisa langsung install aplikasi "mamikos" atau follow IG @infokostkontrakanjogjamurah. Nanti akan ada agen yang membantu mencarikan sampai dapat yaitu tempat tinggal sesuai kriteria yang diinginkan. Penyedia jasa juga akan mengantarkan kita ke lokasinya melalui nominal pembayaran sesuai kelasnya mulai dari 50 ribu-150 ribu.
Semoga bermanfaat.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar