follow us

Tips Sederhana Memilih Kos Ala Mahasiswa Baru

Pilihan Pembaca

Tips Sederhana Memilih Kos Ala Mahasiswa Baru


Tips Sederhana Memilih Kos Ala Mahasiswa Baru - Diterima di universitas impian tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para calon mahasiswa. Tapi itu juga berarti kita sudah harus siap dengan konsekuensi baru seperti belajar lebih giat hingga berpisah dengan orang tua karena letak universitas yang jauh dari rumah. Disinilah muncul permasalahan untuk mencari tempat tinggal atau sering disebut “kos – kosan” yang sesuai dengan budget, aman dan nyaman. 

Banyak yang gelisah karena baru pertama kali merantau,sendirian, tidak ada teman, tidak tahu lokasi dan tidak paham penggunaan transportasi umum. Tapi setelah baca artikel ini dijamin kamu gak perlu khawatir lagi, yuks simak tipsnya :

1. Manfaatkan teknologi dengan baik

Di jaman yang serba digital ini, yang penting ada Hp android dan koneksi internet maka kamu bisa menjelajah lebih luas. Teknologi yang dimaksudkan disini adalah penggunaan maps dan browser. Bacalah lebih dahulu lokasi terdekat dengan universitas yang kamu pilih. Melalui jaringan internet paling tidak kamu sudah ada sedikit bayangan wilayah yang akan kamu jelajah. Selain itu manfaatkan juga jasa ojek online. Biasanya harganya lebih murah dan bisa mengantarkanmu kemanapun, diskusikan saja sebelum berangkat.

2.    Download Aplikasi Pencari Kos

Salah satu aplikasi pencari kos yang menurut penulis cukup akurat (re : pengalaman) adalah mami kos. Aplikasinya sederhana dan mudah dipahami. Disana tersedia fitur untuk memfilter rentang harga kos yang kita inginkan hingga fasilitas yang kita butuhkan dan lokasi jarak terdekat dengan kampus. Ingat cari beberapa kos alternatif

3.    Hubungi pemilik kos dari aplikasi yang tersedia

Hubungi semua kontak kos yang tertera, jangan sungkan untuk menanyakan ulang kamar kosong, fasilitas, harga dan lokasi. Karena namanya juga aplikasi mungkin ada errornya. Tunggulah respon pemilik kos.

4.    Kunjungi kos yang sudah dipilih

Jika ada kamar kosong, segera kunjungi kos tersebut untuk mengetahui keadaan sebenarya. Katakan pada pemilik kos akan konfirmasi ulang jika ada kesepakatan dari kedua belah pihak.

5.    Seleksi dan Konfirmasi

Sudah mengunjungi beberapa kos, jangan lupa seleksi yang terbaik versi kamu, karena kebutuhan tiap orang berbeda – beda. Tentunya yang bisa membuatmu nyaman dan aman. Bagi kamu yang merantau tanpa motor pribadi pertimbangkan jarak kos dengan kampusmu untuk memudahkanmu nantinya.

Gimana ? Sudah siap jadi mahasiswa yang mandirikan ? Jangan khawatir lagi yaa, semua pasti ada jalannya, yang penting mau berusaha. Semoga 5 tips sederhana ini dapat memudahkan kawan – kawan calon mahasiswa baru yang harus ngekos di wilayah universitas ya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar