follow us

Kemendikbud Luncurkan Rumah Belajar Bimbel Online Gratis Bagi Siswa

Pilihan Pembaca

Kemendikbud Luncurkan Rumah Belajar Bimbel Online Gratis Bagi Siswa


Kemendikbud Luncurkan Rumah Belajar Bimbel Online Gratis Bagi Siswa - Pemuda adalah harapan bagi masa depan bangsa Indonesia. Dalam upaya mewujudkan cita-cita, bangsa Indonesia mengharapkan agar pemuda Indonesia memiliki peranan yang baik untuk kemajuan Indonesia. Untuk mencapai kondisi bangsa Indonesia yang baik maka pemuda Indonesia hendaknya mempunyai jati diri yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Melihat realita pemuda Indonesia saat ini, jelas terlihat bahwa pemuda Indonesia telah mengalami krisis moral dan juga krisis kebangsaan. Hal ini membuat pemuda Indonesia tidak mempunyai arah dan tujuan hidup. Padahal nasib bangsa itu ada ditangan pemudanya. Jika moral pemudanya buruk maka Indonesia juga akan buruk, begitupun sebaliknya. Kini, masihkah pemuda dianggap sebagai agent of change?

Berdasarkan permasalah tersebut, pendidikan karakter hendaknya perlu diterapkan bagi pemuda Indonesia. Mengapa demikian? Karena jika pemuda Indonesia masih tetap dibiarkan dalam keadaan terkikis moralnya, minat belajarnya kurang, pemahaman agamanya juga kurang maka besar kemungkinan pemuda itu akan bersikap sesuka hatinya. 

Sikap pemuda seperti misalnya menyebarkan pemberitaan atau informasi palsu (hoax) sering kali terjadi terutama melau media sosial. Hal ini bisa dilatarbelakangi karena faktor memang pemuda tersebut tidak mengetahui kebenaran realnya, bisa karena sebagai pelampiasan untuk mencari kesenangan pribadi, ingin mencari materi saja, atau bahkan karena ingin menaikkan popularitasnya. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi maka orang yang ada disekitarnya yang akan menjadi korban kerugian.

Upaya untuk mengatasi masalah tersebut juga bisa dilakukan dengan menanamkan pendidikan pancasila dalam kepribadian pemuda Indonesia. Kenapa harus pancasila? Karena pancasila merupakan ideologi sekaligus dasar negara bagi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Adapun keterkaitan antara nilai-nilai pancasila dalam membantu mewujudkan pemuda Indonesia agar menjadi pemuda yang berkarakter positif diantaranya:

1. Sila pertama : “Ketuhanan Yang Maha Esa”

Sila pertama ini mengandung arti bahwa setiap orang berhak memeluk agama sesuai apa yang ia yakini, karena agama di Indonesia tidak hanya Islam melainkan ada juga kristen, katholik, hindhu, budha, dan kong hu chu. Sila pertama ini juga mengajarkan kepada kita tentang toleransi, jika toleransi antar umat sudah kokoh maka dapat menciptakan suasana serasi, damai, penuh kasih sayang, dan aman dalam kehidupan kesehariannya. Sehingga kecil kemungkinan seseorang akan meakukan suatu tindakan yang dapat merugikan orang lain, karena jika iman seseorang kuat, maka sikap dan perilakunya pasti akan baik juga.

2. Sila kedua: “Kemanusiaan yang adil dan beradab”

Sila kedua ini mengandung arti bahwa setiap orang itu memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan suku, ras, dan agamanya. Dengan kita mengakui adanya harkat dan martabat setiap orang maka akan memunculkan sikap tenggang rasa dalam diri kita agar kita tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

3. Sila ketiga: “Persatuan Indonesia”

Sila ketiga ini mengandung arti bahwa sebagai masyarakat Indonesia yang plural akan suku, budaya, dan agamanya, kita harus bersatu untuk memajukan bangsa Indonesia. Seperti peribahasa “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”.

4. Sila keempat: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”

Sila keempat ini mengandung arti bahwa dalam menyikapi suatu permasalahan hendaknya dilakukan dengan cara musyawarah. Karena tidak hanya pendapat kita saja yang diperlukan disini, tetapi juga dari orang lain. Dari berbagai pendapat itu kemudian disatukan sehingga dapat diambil kesimpulan atau solusi terbaik dari suatu permasalahan yang ada.

5. Sila kelima: “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

Sila kelima ini mengandung arti bahwa, kita hendaknya bisa mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.
Bimbel online gratis? Nah, taukah kamu kalau ternyata ada layanan bimbel online gratis? Yap, layanan tersebut bernama Rumah Belajar (RB) yang didirikan dan dikelola oleh pusat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan dan kebudayaan (Pustekkom) dan kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2011.

Di Rumah Belajar ini, seluruh siswa dari Paud hingga jenjang SMA, bisa memanfaatkan sepuasnya delapan fitur utama yang disediakan sebagai media pembelajaran. Fitur tersebut diantaranya yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas Maya. Wah, banyak sekali ya... Tentunya RB ini tidak akan terkalahkan dengan bimble online yang berbayar seperti Ruangguru dan Quipper.

Namun, hal ini sangat disayangkan karena, kurang aktifnya penyebar luasan berita tersebut. Sehingga ketua umum persatuan guru republik Indonesia Ibu Unifah Rosyidi mengatakan, bahwa kurang aktifnya kementerian pendidikan dan kebudayaan sebagai pengelola RB untuk promosi penyebar luasan berita ini akan menjadi akar masalah, padahal Ibu Unifah sendiri memuji konten yang dihadirkan RB jauh lebih lengkap, canggih, dan akses jangkauannya lebih luas dari pada bimbel online swasta yang berbayar saat ini.

"Mungkin karena milik pelat merah dan gratis, jadi dinilai biasa saja. Tidak eksklusif seperti bimbel online swasta yang berbayar. Tutur Ibu Unifah. Akibatnya, kurang populer ditengah masyarakat. "Seharusnya lebih berani untuk promosi ke televisi, media sosial, dan menggandeng kerja sama dengan pihak pihak swasta." Imbuhnya.

Bahkan kepala dinas pendidikan Sumsel Bapak Drs.H Widodo Mpd. turut memberikan respon positif. Menurut beliau, keberadaan website online juga menyesuaikan dengan trend teknologi dan era milenial yang tenar di zaman sekarang. "Sangat bagus idenya, ini merupakan sebuah langkah yang menyesuaikan dengan perkembangan belajar kaum milenial yang identik dengan e-exercise, e-book, e-library dan semua yang berbasis elektronik. Ujarnya Rabu (30/1)

Hanya melalui ponsel serta smartphone seluruh generasi milenial bangsa Indonesia sudah bisa langsung mempelajari materi, soal-soal, dan video belajar yang begitu komplit. Ditambah lagi dengan dukungan guru-guru pilihan dan berprestasi untuk mengedukasi mereka." (Jelas bapak Widodo)


Lalu tunggu apalagi?

Hanya dengan melalui aplikasi RB gratis ini, para orang tua dan generasi milenial Tidak perlu khawatir lagi, karena disini kita akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam menambah ilmu pengetahuan. Karena, tidak akan terkendala lagi dengan masalah biayanya. Hanya cukup mendownload aplikasinya di google play store atau lihat di webnya belajar.kemdikbud.go.id semoga sukses ya... Selamat menikmati.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar