follow us

Parlemen Remaja SMA Sederajat Indonesia (Pendidikan Demokrasi) 2019 Dibuka

Pilihan Pembaca

Parlemen Remaja SMA Sederajat Indonesia (Pendidikan Demokrasi) 2019 Dibuka



Parlemen Remaja SMA Sederajat Indonesia (Pendidikan Demokrasi) 2019 Dibuka - Salam Sobat Shalaazz. Ada kabar bahagia buat sahabat yang saat ini menjadi Siswa/i SMA/SMK/MA sederajat. Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2019 resmi sudah dibuka. Parlemen Remaja adalah program pelatihan dan pendidikan demokrasi untuk Siswa/i SMA/SMK/MA se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Program ini mulai dilaksanakan sejak 2008 silam karena Indonesia sendiri merupakan negara Demokrasi ketiga terbesar di dunia. 

Selain itu diamanahkan oleh Asosiasi Parlemen Dunia yang menjadikan setiap tanggal 15 September adalah "Hari Demokrasi Internasional" penting untuk memberikan pendidikan demokrasi dan politik pada generasi remaja sedini mungkin. Tujuannya agar menambah wawasan tentang fungsi DPR dan meningkatkan kontribusi di dunia politik.

Tahun ini, Parlemen Remaja mengambil tema Remaja Peduli Lingkungan: Cinta Bumi Cinta Lingkungan.

Parlemen Remaja 2019 akan diselenggarakan pada 2 - 6 September 2019 di Wisma DPR RI, Puncak-Bogor dan Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. Peserta terpilih akan mendapatkan pembekalan materi dari Anggota DPR RI dan para pakar, pelatihan Simulasi Sidang-Sidang  DPR RI, dan Kunjungan Kerja ke kementerian/lembaga mitra DPR RI.

Bagi peserta yang lolos dalam seleksi Parlemen Remaja 2019. Biaya mencakup biaya akomodasi, konsumsi, serta transportasi akan ditanggung. Bukan hanya itu, peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan uang saku serta sertifikat dan juga perlengkapan kegiatan. 

Pendaftaran seleksi dilakukan dengan membuat akun lalu mendaftar di parlemenremaja.dpr.go.id dengan mengisi Daftar Riwayat Hidup, mengunggah Essai dengan tema Komitmen Parlemen Dalam Menjaga Lingkungan Hidup dan memilih salah satu sub-tema:

1. Kebijakan Impor Sampah (Limbah Non-B3).
2. Peluang Penerapan Extended Producer Responsibility (EPR) di Indonesia.
3. Waste to Energy (WTE) Sebagai Solusi Pengelolaan Sampah di Indonesia.
4. Pengurangan/Pengendalian Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Single Use Plastic).
5. Penanggulangan Sampah Plastik di Laut (Combating Marine Debris).
6. Pengembangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.


Peserta juga harus membuat video kampanye dengan tema "Andai Saya Menjadi Legislator, Apa Yang Akan Saya Lakukan Dalam Menjaga Lingkungan Hidup", lalu mengunggah di sosial media pribadi (IG/FB) dan mencantumkan link video kampanye tersebut saat mendaftar di parlemenremaja.dpr.go.id.

Pendaftaran dibuka sampai tanggal 31 Juli 2019 jam 23.59 WIB di website parlemenremaja.dpr.go.id.

Ayo jadi bagian dari Parlemen Remaja 2019




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar