follow us

Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Balai Latihan Kerja)

Pilihan Pembaca

Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Bina Latihan Kerja)


Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Bina Latihan Kerja) - Kenapa sih, harus ikutan BLK?- Minimnya kemampuan atau keahlian masyarakat yang dibutuhkan oleh perusahaan, menjadi salah satu penyebab mengapa orang Indonesia sulit diterima bekerja pada suatu instansi perusahaan. Bagaimana tidak? Nyata sekali terlihat bahwa materi yang diajarkan di sekolah sangat tidak selaras dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ibaratnya, seperti mempelajari hal A, tetapi yang diperlukan adalah hal B. 

Dan jika diibaratkan lagi, mungkin sama saja seperti seorang ahli teknisi komputer, yang malah direkrut sebagai juru masak. Enggak nyambung, kan? Ini menjadi suatu isu yang dianggap merugikan. Sudah belajar tinggi-tinggi, tetapi tidak kunjung mendapat profesi. Tak jarang juga, jika sudah mendapat profesi, profesi yang didapatkan tidak sesuai dengan passion yang dimiliki. Dan akhirnya, menganggurlah berhari-hari sampai tak kenal hari.

Belakangan ini sudah mulai muncul ke permukaan istilah “BLK”. Suatu sarana untuk berlatih mengenai suatu keterampilan, yang diperuntukkan oleh siapa saja yang ingin mendalami keahlian di bidangnya masing-masing. 

Mengikuti pelatihan di BLK atau Balai Latihan Kerja menjadi salah satu alternatif untuk mengisi kekosongan waktu. BLK bukan semata-mata karena namanya “kerja” lalu kita di sana bekerja seperti kerja rodi ya kawan-kawan, hehe. Di sana, kita dilatih berbagai macam program pelatihan. Namun, kita hanya bisa memilih satu dari sekian banyak pilihan program pelatihan. Tidak bisa sekaligus ya kawan.

Program pelatihan yang bisa dipilih pun, tergantung BLK daerah masing-masing yaa. Sementara ini, di BLK (tepatnya di daerah Bekasi) sudah membuka beberapa program pelatihan di beberapa bidang kejuruan, seperti teknologi infomasi dan komunikasi, teknik elektronika, refrigerator, dan perhotelan. Mengikuti pelatihan di BLK tidak akan membuat kita rugi, lho. Mau tahu kenapa alasannya? Simak ulasan berikut, yuk! ^-^

Alasan harus ikut pelatihan BLK


1. Mendapat pengarahan tentang softskill

Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Bina Latihan Kerja)

Softskill adalah kemampuan yang tidak berwujud, tidak seperti layaknya kemampuan menjahit, merakit komputer, atau yang lain sebagainya. Softskill adalah kemampuan yang memang sudah tertanam, dan terlatih sejak dini. Berbicara tentang softskill = berbicara tentang kebiasaan. Jika sejak kecil sudah terbiasa berbicara jujur, disiplin, dan perilaku baik lainnya, pasti saat dewasa tidak akan repot lagi untuk mulai membiasakannya dari awal.

Sebelum masuk ke materi pelatihan hardskill atau program pelatihan kejuruan, di BLK diadakan terlebih dahulu pemberian materi tentang softskill. Mengapa ini dilakukan? Karena ini juga mengacu pada suatu riset yang mengatakan bahwa kesuksesan seseorang, rata-rata ditentukan oleh 80% softskill, dan 20% hardskill. Angka yang fantastik sekali ya.



2. Mendapat pelatihan hardskill

Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Bina Latihan Kerja)

Ini sudah pasti yaa. Karena memang pada dasarnya, BLK adalah sarana untuk mereka yang ingin menambah keterampilannya. Namun, bukan berarti yang ada di sini adalah orang-orang yang memang sudah menekuni ilmu di bidangnya yaa. Seorang dengan gelas kosong pun (masih awam), bisa ikut bergabung di sini yang tentunya juga melewati tahapan seleksi yang sudah ditentukan.

3. Menjauhkan diri dari kegiatan negatif

Penting, Ini Alasannya Kenapa Harus Ikut BLK ( Bina Latihan Kerja)

Dengan mengikuti BLK, kita sudah pasti tidak membuat waktu kita terbuang sia-sia dengan perbuatan yang tidak bermanfaat. Karena ide melakukan perbuatan yang tidak baik, adalah ide dari jiwa yang tidak sehat. Lalu? Apa kabar hari ini? Sehatkah jiwamu? Perbuatan baik apa yang sudah dilakukan hari ini?



Bagaimana sobat Shalaazz? Sudah tertarik ikut pelatihan BLK? Apapun keputusannya, semoga itu yang terbaik ya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar