follow us

7 Situs Kuliah Online Gratis Dari Berbagai Kampus Tersohor Dunia

Pilihan Pembaca

7 Situs Kuliah Online Gratis Dari Berbagia Kampus Tersohor Dunia


7 Situs Kuliah Online Gratis Dari Berbagia Kampus Tersohor Dunia - Kuliah adalah salah satu impian semua orang termasuk kamu sobat Shalaazz, right? Tapi kalau ada tawaran kuliah online gratis pula ditambah lagi dari berbagai kampus yang sudah tersohor namanya seprti Harvard, MIT atau Oxford? Tentunya tidak mudah bukan untuk menembuas kampus bergengsi di dunia itu.

Ada sebagian orang sangant beruntung untuk bisa bergabung di kampus elit tersebut. Namun kamu hanya bisa memandangi layar laptop atau ponsel di rumah. Jangan khawatir sobat Shalaazz, meskipun kamu belum bisa menginjakkan kaki di sana tapi kamu dapat berkesempatan untuk berkuliah di universitas nama itu loh. Caranya gimana? Caranya kamu bisa ikutan kuliah online yaitu mengambil kursus. Bayar tidak yah? Kamu tidak perlu khawatir segalau course online ini free. Yang kamu butuhkan saat ini adalah jaringan internet yang stabil. untuk mengaksesnya. 

lalu, dimana bisa kuliah online? Tenang, ini ada 7 situs rekomendasi untuk kuliah online gratis. Yuk, simak!


1.Coursera

Bagaimana kuliah onlien di situs Coursera?Jika kamu mnegikuti kuliah online di Cousera otomatis akan dibimbing oleh instruktur yang berkualitas tinggi dari universitas terbaik di dunia.Untuk jenis kursusnya ada 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang bisa kamu akses. Metode pembelajarannya berupa video dan rekaman dari dosen serta forum diskusi. Di Cousera sekitar 2226 jenis kursus yang bisa kamu ikuti.

2. edX

edX adalah situs yang didirikan oleh MIT dan Harvard pada tahun 2012. Dengan sistem MOOC, memungkin banyak orang yang dapat mengakses course online ini. Situs EdX menawarkan kuliah online dengan beberapa media seperti membagikan silabus dna juga video untuk menunjang bejalannya perkuliahan online. Lebih dari 1300 kursus dari berbagai bidang seperti matematika, sains,hingga komputer yang bisa di ikuti oleh para siswa. 

3. Future Learn

Tidak kalah dengan edX. Future Leran juga menawarkan berbagai ratusan course yang dapat diakses tanpa batas. Materinya berupa video, artikel, kuis hingga diskusi. Salah satu keunikan Future Learn kamu bisa belajar robotik lho.

4. IndonesiaX

Dari tadi bahasa pengantar bahasa inggris, kapan bahasa indonesia? Tenang sobat Shalaazz, kali ini ada situs IndonesiaX yang dapat membantu kursus kamu khusu bahasa indonesia. Tentunya kamu dapat menggali informasi dari berbagai kampus bergengsi di Indonesia, seperti UI, ITB, BNI, NET TV Unair dan lainnya. Sistem pembelajarannya sama seperti course lainnya berupa video rekaman maupun diskusi forum. 

5. Alison

Situs Alison merupakan penggagas situs belajar online. Alison dibuat pada tahun2007/ Alison mempunyai pengajar dari berbagai institusi dunia. Dari Microsoft, Google hingga  kampus terkemuka di dunia. kamu tidak perlu khawatir, karena Alison menwarkan lebih dari 750 materi course oniine.

6. Open2Study

Open2Study merupakan MOOC yang didirikan tahun 2013 yang dikelola oleh Open Universities Australia di mana RMIT, University of Newcastle Australia yang juga melibatkan University of Newcastle Australia, Flinders University dan beberapa kampus elit lainnya.

uniknya, di situs Open2Study mempunya 2 kursus saja lho. University Course dan Free Course. 
University Course memungkin para siswa belajar dengan jarak jauh atau bisa kita sebut online. Kelulusannya tidak jauh beda dengan para mahasiswa yang berkuliah di kampus secara offline. Untuk Free Course, Kursus yang didapatkan secara cuma-cuma

7. MIT Open Source Ware

Siapa yang tidak mau kuliah di MIT, salah satu kampus terbaik di dunia saat ini. Namun kamu terhalang oleh biaya dan tempatnyayang sangat juah? jangan khawatir. Kamu bisa menikmati menjadi mahasiswa MIT meskipun belajar online. Yap, Open Course Ware pilihannya. di Open Course Ware ada lebih 2400 enis kursus yang bisa kamu ikutu. Serasa kuliah di MIT. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar