follow us

5 Daftar Kampus di Tulungagung Terbaik

Pilihan Pembaca


5 Daftar Kampus di Tulungagung Terbaik

5 Daftar Kampus di Tulungagung Terbaik  - Tulungagung, apa yang  sobat Shalaazz pikirkan pertama kali ketika mendengar kata Tulungagung ?Dimanakah itu ?, atau masih di Jawa kah ?.

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur bagian selatan. Tulungagung terkenal dengan deretan pantainya yang memakau penikamatnya. Namun, bukan Tulungagung bila tak dikenal dengan salah satu keseniannya yang sudah terkenal seantero yaitu, “kesenian Reog Kendang”

Reog kendang merupakan salah satu kesenian khas Tulungagung, selain itu Tulungagung memiliki ikon Taman Aloon-Aloon. Taman aloon-aloon menjadi tempat wisata tersendiri bagi wrga tulungagung. Banyak pula mahasiswa dan juga para pelajar melepas penat dari kesibukaannya di bangku sekolah dan kuliah di taman aloon-aloon ini.

Selain wisata dan kesenianya Tulungagung juga terkenal dengan pendidikannya. Mulai dari jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak sampai pada jenjang pendidikan Tinggi. Berikut adalah beberapa Perguruan Tinggi yang ada ditulungagung :

1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN Tulungagung)

Institut Agama Islam Negeri atau yang di kenal dengan sebutan IAIN Tulungagung merupakan perguruan  tinggi Agama Islam negeri satu-satunya yang berada di Tulungagung. IAIN Tulungagung mempunyai berbagai jurusan yang ditawarkan untuk calon mahasiswanya,  jurusan-jurusan tersebut masuk dalam beberapa fakultas diantaranya Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua (FTIK), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Program Pasca Sarjana. Bagi calon mahasiswa baru bisa masuk melalui jalur SPAN PTKAIN, UM PTKIN, dan SPMB Mandiri. Mahasiswanya tidak hanya berasal dari Tulungagung saja, melainkan dari berbagai kota di Indonesia dan juga ada yang dari luar negeri.

2. Sekolah Tinggi Agama Islam DIPONEGORO (STAI DIPONEGORO)

STAI Diponegoro terletak di sebelah kiri alun-alun Tulungagung, berdekatan dengan Masjid Agung Tulungagung. STAI Diponegoro memiliki empat jurusan yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yaitu Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM Tulungagung)

STAI Muhammadiyah merupakan istitusi berbasis Muhammadiyah di kota Tulungagung. STAI Muhammadiyah terletak di kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. STAI Muhammadiyah memiliki 3 Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Ekonomi Syari’ah, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

4. Universitas Negeri Tulungagung (UNITA)

UNITA terltak di Beji, Tulungagung .Universitas Negeri Tulungagung atau UNITA memiliki beberapa jurusan diantaranya Agribisnis, Administrasi Publik, Hukum, Mnajement, Akuntasi dan Kebidanan. UNITA satu-satunya perguruan tinggi negeri di Tulungagung  yang membuka jurusan di bidang Agribisnis. UNITA masuk dalam kategori Perguruan Tinggi sehat, mempunyai program unggulan, diantaranya yaitu program Site In yakni mengikuti program kuliah di luar negeri, program kewirausahaan berbbasis koperasi, dan program hibah UKM.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Keguruan (STKIP Tulungagung)

STKIP Tulungagung atau biasa dikenal dengan STKIP PGRI merupakan perguruan tinggi dengan ikatan guru republik Indonesia atau dulu biasanya disebut dengan IKIP. STKIP PGRI memiliki beberapa prodi baik di tingkat Strata 1 (S1) ataupun di program pascasarjananya. Diantaranya yaitu prodi Matematika, prodi Bahasa Inggris, Prodi PGSD, Prodi Ekonomi, Prodi PKn, Pendidikan Teknik Informasi, Pendidikan IPA dan Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif.

Walaupun Tulungagung berada di wilayah bagian selatan tetapi memiliki pendidikan yang maju.  Banyak petinggi dalam bidang pendidikan yang lahir dari kabupaten bagian selatan ini.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar