follow us

5 Tips Sebelum Memasuki Dunia Perkuliahan

Pilihan Pembaca

sumber: Pixels.

Hallo sahabat shalaazz, gak terasa sudah mau kuliah aja, nih. Tetapi, masih bingung soal apa-apa saja yang mau dipersiapkan? Wajar dalam proses transisi dari siswa ke mahasiswa memang dapat menimbulkan kebingungan untuk sebagian orang, terutama maba masuk dunia perkuliahan. Tenang saja berikut ada beberapa tips persiapan masuk dunia perkuliahan buat kalian-kalian yang masih bingung, cek:

1Pahami Istilah-istilah penting
sumber: pixabay

Ada beberapa istilah asing yang penting untuk dipahami, agar saat mulai aktif kuliah tidak galau gara-gara tidak paham istilah-istilah tersebut. Misalnya, DPA (Dosen Pembimbing Akademik)/PA (Pembimbing Akademik), kalau di sekolahan kita kenal dengan yang namanya wali kelas. Nah, di dunia perkuliahan sama halnya, tetapi yang membedakannya adalah DPA berlaku sampai kita ujian skripsi atau akhir perkuliahan. Kajur (Ketua Jurusan)/Kaprodi (Ketua Program Studi) adalah dosen yang mengurus administrasi kamu di tingkat Jurusan. SKS (Satuan Kredit Semester). Di dunia perkuliahan nantinya kamu akan disibukkan dengan yang namanya SKS, ini yang membedakan antara dunia kuliah dengan sekolahan. Karena di dalam dunia perkuliahan nantinya kamu dituntut mandiri untuk mengatur jadwal perkuliahan dan memilih sendiri mata kuliah (kalau di SMA namanya mata pelajaran). Perlu dicatat, SKS ini juga menunjukan besarnya beban studi mahasiswa. Jumlah SKS menunjukan durasi perkuliahan, 1 SKS sama dengan 1 jam tatap muka di kelas. Setelah kamu sudah memilih mata kuliah (sudah fixs), semua pilihan mata kuliahmu akan masuk KRS (Kartu Rencana Studi) yang berisi daftar mata kuliahmu dalam satu semester tersebut. Kemudian IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Komulatif). Apa sih itu? IP merupakan nilai rata-rata dari semua mata kuliah selama satu semester. Sedangkan IPK merupakan akumulasi nilai semasa kamu kuliah, sob. Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah seputar dunia perkuliahan, tetapi uraian di atas merupakan istilah sentralnya dunia kampus.

2. Kenali dan Pahami Kampusmu
sumber: pixels

Penting bagi MaBa (Mahasiswa Baru) untuk tahu sistem kampus dan perangkat-perangkatnya, agar tahu bagaimana cara mengurus KRS dan jadwal kuliah supaya kamu tidak salah masuk kelas atau telat mengisi KRS gara-gara tidak tahu cara mengisinya. Dan jangan lupa siapkan mental dan beradaptasilah dengan lingkungan kampus, ya. Jangan malu bertanya kalau kamu bingung cara mengisi KRS, mencari DPA, Kajur/Kaprodi, dan lain sebagainya. Karena dunia perkuliahan sangat berbeda dengan SMA dulu. Kamu dituntut untuk mandiri dan aktif mencari informasi yang ada di kampus seperti jadwal ujian, kelas, dan kehadiran dosen.

3. Gaya Penampilan
sumber: pixels

Jangan dikira dunia perkuliahan sama dengan yang kebanyakan ada di sinetron-sinetron. Walaupun cara berpakaian bebas, perlu diingat ada sebuah peraturan terutama di lingkup Fakultas yang harus maba-maba ketahui dan taati agar tidak kena omel dosen. Seperti  halnya mahasiswa kedokteran yang gak diperbolehkan memakai jeans, maupun mahasiswa Keguruan yang harus memakai celana/rok kain dengan setelan kemeja putih. 

4. Transportasi dan Jalur Tercepat Ngampus
sumber: pixels

Untuk mahasiswa/i perantauan yang berjuang di kota orang perlu tahu transportasi dan jalur tercepat menuju kampus, agar nantinya kamu gak tersesat dan salah alamat ya. Manfaatkan juga teknologi yang ada seperti GPS. Kalau kamu masih juga kebingungan sekarang ada ojol (ojek online) kok.

5. List UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang Kamu Minati
sumber: pixels.

Gak afdhal kalau masa perkuliahanmu cuman kuliah pulang kuliah pulang (mahasiswa kupu-kupu) saja, cari relasi atau networking untuk meningkatkan passion dan softskill-mu. Berbeda loh ya mahasiswa yang aktif di UKM dengan mahasiswa kupu-kupu, dalam segi relasi dan kemampuan speaking-nya. Karena mereka banyak dipertemukan atau dihadapkan dengan orang-orang banyak, baik dari lingkungan sosial kampus (dosen, senior, dan junior), maupun lingkungan sosial masyarakat.

Ya itulah sedikit list persiapan bagi maba-maba yang masih kebingungan di persimpangan jalan, semoga membantu kegalauan kalian, yaw.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar