follow us

Ramadhan Akan Berakhir, Tetapi Kebiasaan Baiknya Tak Boleh Berakhir

Pilihan Pembaca

Setiap tahunnya, pasti umat islam akan bertemu dengan satu bulan yang begitu penuh berkah. Yap, benar. Yaitu, Bulan Ramadhan. Bulan ramadhan menjadi bulan yang begitu penuh berkah, karena di dalamnya berlimpah ruah pahala bagi sesiapapun yang melaksanakan suatu ibadah. Tidak hanya itu, do'a-do'a yang dipanjatkan di bulan ini pun, memiliki kesempatan besar untuk dikabulkan. Karena di bulan ini, terdapat banyak waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, tak heran jika di bulan ramadhan ini banyak sekali umat muslim yang berbondong-bondong untuk memperbaiki dan memperbanyak amalan ibadahnya.

Di bulan ramadhan ini, banyak sekali ibadah-ibadah yang biasa dilakukan oleh umat muslim. Diantaranya, seperti sholat tarawih, berpuasa, mengaji, berdzikir, itikaf, bersedekah, dan lain sebagainya. Puasa, menjadi salah satu hal wajib yang pasti dilakukan umat muslim di bulan ramadhan ini. Puasa sendiri ialah aktivitas menahan diri dari lapar dan dahaga, serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Di bulan ramadhan, tentunya pasti kita akan terlatih dan terbiasa melakukan beberapa hal baik yang tentunya bagus untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Nah, apa saja hal baik itu? Simak ulasan berikut, yuk!

1. Taat dalam beribadah
Di dalam bulan ramadhan, banyak sekali ibadah-ibadah yang dapat kita lakukan. Dengan begitu, ini dapat menjadi waktu yang pas untuk kita lebih mendekatkan diri kepada sang ilahi. Memperbanyak ibadah juga dapat menentramkan hati dan jiwa.

2. Rajin Berolahraga
Lemas saat berpuasa sudah menjadi hal yang biasa. Namun, agar kondisi badan kita tetap sehat, perlu adanya kegiatan fisik yang patut kita tekuni. Jika di bulan ramadhan, sudah cukup berolahraga 1 jam sebelum waktu berbuka. Namun di saat hari biasa, bisa diperbanyak waktunya seperti berolahraga 2-3 jam di pagi hari sebelum jam 9 pagi. Supaya bersemangat dalam olahraga, cobalah melakukan olahraga yang memang sangat digemari.

3. Menjaga Asupan Pola Makan
Memang tidak ada larangan untuk menyantap makanan apapun. Tetapi, tak ada salahnya jika kita merawat sebelum mengobati. Masyarakat Indonesia umumnya menyukai makanan yang berminyak seperti gorengan. Harganya yang sesuai dengan kantong, juga mudah ditemukan di berbagai tempat, menjadi alasan mengapa makanan ini masih banyak digemari berbagai kalangan. Mengonsumsi gorengan atau makanan berminyak yang lain secara berlebihan, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih dan memilah makanan yang ingin kita konsumsi.

Nah, itu dia beberapa hal baik yang biasa kita lakukan di bulan ramadhan, yang tak patut kita tingggalkan. Semoga kita semua dapat senantiasa menjaga rutinitas kebiasaan sehat kita, supaya kesehatan jasmani dan rohani kita dapat terjaga dengan baik.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar