follow us

Mengenal Lebih Jurusan Manajemen Dakwah Haji & Umrah di UIN Jakarta

Pilihan Pembaca

Mengenal Lebih Jurusan  Manajemen Dakwah Haji & Umrah di UIN Jakarta


Shalaazz - Mengenal Lebih Jurusan  Manajemen Dakwah Haji & Umrah di UIN Jakarta - Salah satu Universitas islam Negeri terbaik di Indonesia adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No 95, Jakarta Selatan. Kampus ini terletak di Ciputat yang merupakan salah satu kawasan perputaran ekonomi yang besar. Wajar saja kalau didepan kampus ini seringkali macet. Namun kampus ini memiliki banyak sekali fakultas dan jurusan. 

Salah satu yang menjadi daya tarik adalah jurusan Manajemen Dakwah Haji & Umrah. Ketika awal perkuliahan, di jurusan ini belajar ilmu-ilmu agama dan umum sebagai pengenalan, di semester 2, mulai mempelajari tentang manajemen umum maupun manajemen dakwah. Setiap mata kuliah mempunyai SKS dan kebijakan dari dosen. Dosen pengajar juga merupakan dosen yang kompeten di bidangnya, mengajar dengan santai namun serius. Mengarahkan Mahasiswa untuk berpikir kritis dan visioner, bahwasanya jurusan Manajemen Haji & Umrah ini memiliki peluang besar untuk kedepannya. 

Mahasiswa dibekali ilmu manajemen haji & umrah, fiqih haji & umrah, pemarasan/marketing haji & umrah, manajemen pelayanan haji & umrah, dan masih banyak lagi. Ketika di semester 6, Mahasiswa berhak memilih konsentrasi sesuai minatnya, di konsentrasi Manajemen Haji & umrah, selain dibekali dengan ilmu-mu tentang haji & umrah, namun juga diberlakukan Praktek Kerja Lapangan di Embarkasi Haji Pondok Gede & Magang selama 3 bulan di Travel haji & umrah. 

Pengalaman PKL Jurusan Manajemen Dakwah Haji & Umrah 

Ketika Praktek Kerja Lapangan di Embarkasi Haji Pondok Gede, Mahasiswa mengikuti segala kegiatan dari pagi sampai malam. Seperti mengikuti manasik haji, melayani dan membantu proses pemberangkatan, menerima jamaah yang datang dari berbagai kota untuk diarahkan ke gedung one step service seperti cek kesehatan, pembagian kartu, gelang, uang riyal, paspor dan lain-lain. 

Setiap hari jamaah yang datang dibagi menjadi beberapa kloter sesuai dengan daerah dibawah provinsi DKI maupun Jawa Barat, dan lain-lain. Mahasiswa diberikan pengalaman dari awa sampai akhir kegiatan pelayanan. 

Sedangkan untuk magang selama 3 bulan di Travel haji & umrah dibawah payung asosiasi yang menaunginya, seperti HIMPUH. AMPHURI, KASTURI, ASPHURINDO, tugas Mahasiswa yaitu membantu pihak Travel untuk mencari jamaah, membantu dan melayani jamaah, seperti membantu proses pendaftaran umrah maupun haji plus, manasik, sampai mengikuti pemberangkatan ke bandara Soekarno Hatta. Itulah beberapa gambaran tentang jurusan Manajemen Dakwah Haji & Umrah di UIN Jakarta, semoga bermanfaat.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar