follow us

Apakah Belajar Kelompok Lebih Efektif?

Pilihan Pembaca


Apakah  Belajar Kelompok Lebih Efektif?
Sumber: Yavyo.com

Apakah  Belajar Kelompok Lebih Efektif?  - Pelajaran yang harus dikuasai siswa/i  cukup sulit. Di rumah diharapkan terbentuk sistem kelompok belajar. Antara siswa/i bisa saling mengisi, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. 

Guru mengajar di kelas waktunya sangat terbatas. Siswa/i harus aktif sendiri di luar kelas  belajar sendiri-sendiri.

Kelompok belajar yang ideal terdiri dari 3-5 siswa/i. Tempat belajar bisa digilir di rumah masing-masing orang tua siswa/i. Programnya adalah diskusi tiap-tiap pelajaran. Siswa/i bisa saling menanyakan apa yang dibahas tiap pelajaran sesuai dengan kemampuan individual.

Dengan cara ini belajar bisa lebih efektif. Bahan pelajaran dengan mudah bisa diserap. Keterangan guru di kelas bagus untuk diingat-ingat kembali sewaktu belajar di rumah. 

Kelompok belajar memupuk kebersamaan dan mengurangi rasa mementingkan diri sendiri antar siswa/i.

Semangat belajar lebih solid dalam kelompok belajar. Orang tua bisa mengikuti kemajuan yang dicapai masing-masing anak. 

Tidak ada lagi rasa frustrasi karena pelajaran terlalu sukar. Kelompok belajar mestinya digalakkan oleh semua guru yang bertugas di kelas karena menyadari segala kekurangan yang ada.

Penulis

I Wayan Budiartawan

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar